Wow…Cacing Tanah Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan
Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan. Sahabat…tentu pernah melihat cacing tanah bukan? Apakah merasa geli ketika melihatnya bergeliat di tanah? Walau pun binatang bertubuh panjang ini tampak menj^j^kkan tetapi ternyata mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Bisa untuk makanan burung ataupun umpan untuk memancing ikan. 

Dalam dunia pertanian cacing tanah berguna untuk menyuburkan dan menggemburkan tanah, sehingga tanaman menjadi sehat dan cepat besar. Di dunia kesehatan ternyata binatang ini juga mempunyai manfaat yang sangat luar biasa yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Sudah banyak penelitian yang membuktikan manfaat cacing tanah ini. 

Berikut ini ada beberapa manfaat dari cacing tanah ini untuk kesehatan, di antaranya adalah:

Menjaga Kesehatan Kulit
Cacing tanah ini banyak digunakan oleh para produsen kosmetik untuk di campur dengan bahan lain karena kandungan alfa-tokoferol mampu membuat kulit tetap elastis, segar dan terlihat muda.

Menyembuhkan Luka
Kandungan arikidonat dalam tubuh cacing tanah mampu membuat sel-sel baru pada kulit agar cepat tumbuh kembali. Kulit yang luka akan cepat sembuh. 

Mengatasi Diare
Diare jika dibiarkan terus menerus akan membuat tubuh penderitanya sangat lemah dan lemas karena banyak kehilangan cairan tubuh. Mengonsumsi cacing tanah bisa mencegah bakteri E-Coli berkembang dalam tubuh dan menghentikan diari.

Melawan Tifus
Tifus adalah penyakit yang menyerang pada bagian pencernaan akibat bakteri jahat. Cacing tanah di percaya mampu untuk melawan bakteri penyebab tifus ini. Tifus ini disebabkan oleh bakteri bernama salmonella

Melancarkan Darah
Lemak jahat dalam tubuh bisa menghambat saluran sirkulasi darah. Cacing tanah ini memiliki enzim yang dipercaya mampu melawan lemak jahat ini sehingga aliran darah kembali normal dan lancar.

Mencegahi Stroke
Stroke terjadi akibat darah tidak tersirkulasi dengan lancar pada bagian tubuh. Cacing tanah yang kaya akan kandungan enzim ini mampu melancarkan peredaran darah sehingga resiko terserang stroke akan berkurang.

Meningkatkan Tenaga
Kandungan taurin dalam cacing tanah dapat meningkatkan metabolism lemak yang di ubah menjadi tenaga.

Mengatasi Demam
Kandungan nitrogen basa dalam cacing tanah mampu menurunkan panas tubuh atau demam. Cacing tanah ini lebih mujarab dari parasetamol atau obat kimiawi lainnya.

Memberi ketenangan.
Pernah sakit gigi dan merasakan nyeri pada bagian saraf? Cacing tanah mampu meredakan rasa nyeri tersebut karena pheritimanya. Kandungan ini juga mampu mengurangi rematik dan juga sakit kepala yang kadang tiba-tiba datang. 

Itulah beberapa manfaat dari cacing tanah. Apakah mengonsumsinya secara hidup-hidup? Tentu saja jangan. Karena di tubuh cacing tersebut juga menempel bakteri-bakteri jahat yang dapat merusak tubuh. Lalu bagaimana cara mengonsumsi yang benar?

Cacing harus di olah lebih dulu. Keluarkan semua kotoran dalam tubuhnya dan cuci hingga bersih. Lalu rebus sampai mendidih untuk membunuh bakteri. Ingat sampai mendidih! Angkat cacing yang sudah bersih dan tereskan kemudian jemur di bawah panas matahari hingga kering. 

Cacing tanah yang sudah kering di tumbuk hingga menjadi serbuk. Jika kita mampu dan tak merasa geli boleh mengonsumsinya secara langsung atau di campur dengan madu. Jika masih merasa geli, maka lebih baik dimasukkan dalam kapsul kosong lalu di makan dengan slongsongnya. Kapsul kosong bisa di dapat dengan mudah di toko obat. 

Demikian artikel kali ini tentang manfaat cacing tanah untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bisa menambah informasi dan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Salam Inspirasi…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow…Cacing Tanah Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan"