Cara Kirim Cerpen Ke Republika Terbaru

Cara Kirim Cerpen Ke Republika Terbaru
Cara Kirim Cerpen Ke Republika Terbaru

Cara Kirim Cerpen Ke Republika Terbaru. Sobat..selamat malam!  Masih semangat dalam mengirim naskah ke media? Jadi penulis memang harus mempunyai tekad yang kuat dan pantang menyerah dalam menggapai tujuan agar berhasil menjadi penulis yang hebat.

Sobat mungkin sudah banyak menulis naskah cerpen dan mengirimkannya ke banyak media. Tapi kebanyakkan naskah sobat tidak dimuat, bahkan tak ada kabar sama sekali. Jika itu terjadi dengan sobat sekalian, maka jangan putus asa dan berhenti menulis. Di tolaknya karya sobat oleh media bukan berarti naskahnya jelek. Akan tetapi, mungkin karya sobat tidak sesuai dengan krieteria media bersangkutan. Misal cerpen remaja di kirim ke Kompas, sudah pasti akan di tolak.

Intinya dari prolog artikel ini adalah perlunya seorang penulis memahami akan karakter, visi, dan misi suatu media, agar sobat bisa menentukan seperti apa gaya tulisan yang akan di kirim ke media yang bersangkutan.
Begitu juga ketika sobat ingin mengirimkan cerpen ke Republika. Perlu sobat ketahui, Republika adalah salah satu media Islami, yang banyak membahas tentang ke Islaman. Begitu juga dengan tema cerpennya lebih banyak memuat cerita-cerita bertema Islami.

Cerita-cerita yang ada di Republika ini mungkin punya kemiripan dengan cerita-cerita yang ada di Majalah Annida dulu. Jika Sobat punya koleksi majalah Annida, sobat bisa belajar dari cerpen-cerpen itu dan mempelajari cara mengemas serta gaya bahasanya yang asyik.

Jika Sobat sudah memahami seperti apa cerita-cerita yang sering dimuat Republika ini, maka langkah selanjutnya adalah menulis cerpennya atau merevisi naskah yang sudah ada dan di sesuaikan kemasan ceritanya agar cocok di kirim ke Republika.

Panjang naskah untuk media ini cukup 5-6 halaman saja, yang paling penting dalam cerita adalah adanya pesan moral yang bisa di ambil oleh pembaca, maka kesempatan naskah dimuat semakin besar, saya sudah membuktikannya.

Jika sudah punya naskahnya, silakan di kirim ke email ini: sekretariat@republika.co.id dan aliredov@yahoo.com dengan subjek: Cerpen-Judul Cerpen. Masa tunggu sekitar satu bulanan. Jika lewat dalam masa itu, maka besar kemungkinan naskahnya sudah di tolak. Jika dimuat, ini yang membuat para penulis, ada honor Rp. 400.000. 

Akan tetapi, honor di media ini agak lambat cairnya dan mesti sabar juga nunggunya. Kadang-kadang perlu di tagih juga ke redaksinya baru cair. Agar mudah cair, tagihlah dengan sopan pada redaksi dan jangan sering-sering meneror redaksi jika honor belum di kirim juga. Bisa-bisa kalau rewel, naskah sobat tak akan dimuat lagi.

Itulah sedikit informasi bagaimana cara kirim cerpen ke Republika. Semoga artikel ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Tetap semangat dan salam inspirasi…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kirim Cerpen Ke Republika Terbaru"