Bagaimana Mencari Inspirasi dan Memulai Sebuah Tulisan?


Bagaimana Mencari Inspirasi dan Memulai Sebuah Tulisan?
Bagaimana Mencari Inspirasi dan Memulai Sebuah Tulisan?

Bagaimana Mencari Inspirasi dan Memulai Sebuah Tulisan?. Sobat blogger dan freelance writer sekalian, pasti pernah merasakan yang namanya kehabisan ide untuk menulis. Pikiran tiba-tiba buntu dan tak tahu harus menulis apa, dan mood menulis pun jadi hilang seketika. Sejam di depan computer yang bisa dilakukan hanya menulis beberapa kalimat lalu di hapus lagi, begitu terus berulang-ulang hingga waktu terbuang percuma. 

Sebenarnya ide dan inspirasi banyak sekali bertebaran di sekeliling kita. Hanya kejelian yang dibutuhkan untuk menangkap inspirasi dan ide tersebut. Namun, tak semua penulis mempunyai kemampun dalam menangkap ide dari hal-hal kecil. Dari itu di perlukan cara-cara khusus untuk bisa memancing ide keluar. Untuk bisa mengatasi kehabisan ide dalam menulis sebenarnya sangat mudah asal tahu triknya. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi kebuntuan ide ini. Berikut poin-poin yang bisa di lakukan:

Perbanyak membaca.

Membaca adalah hal wajib yang harus dilakukan bagi seorang penulis. Tanpa membaca mana mungkin akan bisa menulis dengan lancar karena keterbatasan informasi yang di serap. Membaca adalah asupan gizi bagi otak. Jika kita ingin menulis artikel maka perbanyak membaca artikel orang lain, jika ingin menulis opini maka harus banyak melahap tulisan-tulisan opini, begitu juga jika ingin menulis cerpen maka bacaan wajibnya adalah membaca cerpen-cerpen orang lain. Dengan begitu, maka ide dan inspirasi pun akan muncul.

Buatlah judul tulisan terlebih dulu.

Judul adalah mahkota bagi sebuah tulisan, tanpanya maka sebuah tulisan tak akan terlihat menarik. Jika kita kehabisan ide untuk menulis, maka dengan cara menulis judul terlebih dulu akan memantik ide untuk keluar. Cara ini sering saya lakukan jika ingin menulis sebuah cerpen atau pun menulis artikel di blog dan cara ini cukup berhasil membuat saya lancar dalam menulis. 

Sebagai contoh saya kasih sebuah judul cerpen  “Ketika Cinta Tak Sampai”. Nah…apakah dengan membaca judul tersebut sobat bisa membayangkan bagaimana alur ceritanya? Jika Iya, maka cara ini bisa sobat terapkan untuk membuat tulisan-tulisan lain. Ini adalah cara yang paling mudah menurut saya dalam mencari ide tulisan.

Buatlah paragraph pertama.

Membuat paragraph pertama terlebih dahulu juga bisa membuat ide terpercik muncul dalam pikiran walaupun pada awal menulis tak tahu kemana arah tulisannya. Cara ini juga cukup berhasil saya terapkan dalam setiap tulisan saya. Saya kasih contoh lagi pada paragraph pembuka untuk sebuah cerpen yang saya buat dengan spontan tanpa memikirkan bagaimana alur ceritanya:

Sella menggigil kedinginan sambil mendekapkan kedua tangan ke tubuhnya. Hujan turun dengan teras mengguyur ibu kota malam ini. Sella melirik jam tangannya, sudah hampir pukul delapan malam,sementara bus yang ia tungggu belum juga datang. Gadis itu mulai kegelisah dan cemas kalau-kalau nanti ada orang jahat yang mengganggunya. Tiba-tiba…

Nah…apakah sobat tertarik untuk melanjutkan kisahnya dengan pikiran sobat sendiri setelah membaca paragraph pembuka ini?

Sebenarnya masih banyak cara-cara lain yang bisa di terapkan untuk memperoleh ide tulisan. Hanya saja, ketiga poin di atas pun saya rasa sudah cukup untuk bisa menulis tanpa harus banyak memikirkan ide tulisan.

Demikian  beberapa poin yang harus dilakukan jika kita kehabisan ide dan inspirasi dalam menulis. Yang harus sobat lakukan setelah membaca artikel ini hanya satu, yaitu menulis. Maka tulisan sobat pun pasti akan jadi dan menarik. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam inspirasi…

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bagaimana Mencari Inspirasi dan Memulai Sebuah Tulisan?"

Eltrocom One CH1 said...

Tips yang Menarik dan Patut di coba juga.. Tks atas infonya ;)

Saleh Khana said...

Sama-sama Mas.