Cara Mudah Membuat Widget Artikel Terbaru Pada Blog

Cara Mudah Membuat Widget Artikel Terbaru Pada Blog
Cara Mudah Membuat Widget Artikel Terbaru Pada Blog

Cara Mudah Membuat Widget Artikel Terbaru Pada Blog. Sobat Blogger…tentu ingin membuat sebuah blog yang selalu bisa memberikan manfaat pada pengunjungnya, karena itulah tujuan sebenarnya seorang blogger. Selain itu membuat tampilan menarik dan meletakkan tombol-tombol navigasi agar mempermudah pengunjung juga merupakan hal yang harus dilakukan seorang blogger.

Salah satu widget yang berguna untuk mempermudah pengunjung adalah widget Artikel Terbaru yang letak idealnya ada di sidebar blog. Fungsinya agar pengunjung tahu mana postingan terbaru pada blog tersebut tanpa harus kembali lagi ke beranda jika sudah menjelajahi blog tersebut. 

Nah…bagi blog yang belum mempunyai widget tersebut baiknya segera memasangnya. Cara pun sangat mudah dan gampang. Widget ini pun tak membuat loading halaman menjadi berat, sehingga tak mengganggu kinerja blog tersebut.

Untuk membuat widget Artikel Terbaru, silakan sobat ambil kode script di bawah ini:

<ul id="recent-posts"></ul>
<script>
//<![CDATA[
var homePage = "http://www.bungsoleh.com/",
numPosts = 5;
function recentPosts(a){if(document.getElementById("recent-posts")){var e=a.feed.entry,title,link,content="",ct=document.getElementById("recent-posts");for(var i=0;i<numPosts;i++){for(var j=0;j<numPosts;j++){if(e[i].link[j].rel=="alternate"){link=e[i].link[j].href;break}}var title=e[i].title.$t;content+='<li class="recent-posts"><strong><a href="'+link+'" title="'+title+'" target="_blank">'+title+'</a></strong></li>'}ct.innerHTML=content}}var rcp=document.createElement('script');rcp.src=homePage+'/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&orderby=published&max-results='+numPosts+'&callback=recentPosts';document.getElementsByTagName('head')[0].appendChild(rcp);
//]]>
</script>

Silakan letakkan kode tersebut pada sidebar blog. Cara meletakkannya: masuk ke blogger, pilih tab Tata Letak, pilih Tambahkan Widget pada sidebar, Pilih HTML/Javascript, beri nama widgetnya,  dan klik simp. Pada url blog berwarna merah silakan ganti dengan url blog sobat sendiri. Untuk mengganti jumlah post yang di tampilkan pada widget tersebut silakan ganti angka 5 dengan angka yang di kehendaki sobat.

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat widget Artikel Terbaru pada blog. Dengan memasang widget ini maka kita telah membantu pengunjung untuk lebih nyaman dan betah berlama-lama di blog tersebut.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk meletakkan backlink pada blog sobat yang lain agar mengarah ke blog utama sobat. Dengan cara ini maka traffic blog akan meningkat karena pasti pengunjung akan mengklik link yang ada di widget tersebut dan tab baru akan terbuka. 

Demikian pembahasan artikel kali ini, tentang cara mudah membuat widget Artikel Terbaru pada Blog. Semoga bermanfaat dan salam blogger…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Widget Artikel Terbaru Pada Blog"