Cara Kirim Resensi Ke Koran Jakarta 2019



Halo sobat! Masih setiakan menunggu artikel-artikel terbaru di blog ini. Kali ini saya akan membagi info cara mengirim resensi ke Koran Jakarta. Mungkin ketika sobat mengetikkan kata kunci di google tentang cara mengirim naskah resensi ke Koran Jakarta, pasti sobat akan menemukan banyak sekali postingan yang membahasnya.

Namun, mungkin saja informasi yang sobat baca di blog lain belum di update karena alamat email pengiriman naskah resensi sudah berubah dan perlu diberikan informasi-informasi terbaru. Kalau masih kirim ke email yang lama, sampai jamuran naskahnya  nggak akan dimuat.

Nah…jadi pilihan sobat sudah benar dengan terus membaca artikel ini sampai selesai. Oke..lanjut…

Sobat pasti tahu dong kalau Koran Jakarta ini selalu memuat resensi dari para pembacanya mulai senin hingga sabtu. Honor yang diberikan Koran Jakarta untuk naskah resensi ini pun lumayan besar sekitar Rp.300.000 (potong pajak), mungkin bersihnya 285 ribuan. Dengan honor yang lumayan besar tersebut hingga tak heran banyak sekali para peresensi yang mengirimkan naskahnya setiap minggu, tak ketinggalan juga saya untuk mencoba peruntungan.  

Lalu bagaimana cara kirimnya agar dimuat?

Saya disini hanya membagikan informasi seputar cara pengiriman, untuk pemuatan itu sepenuhnya hak redaksi. Mana yang di sukai redaksi, itu yang dimuat. Namun yang penting sobat sudah berusaha dan mempunyai peluang untuk dimuat. 

Oke langsung saja simak poin-poin berikut di bawah ini. 

1.    Cari buku terbaru yang kira-kira punya peluang besar untuk dimuat. Saran saya carilah buku yang baru terbit dari penulis terkenal baik buku umum ataupun novel. Kalau bisa selesai membaca dalam 1-2 hari dan tulis resensinya lalu kirim ke redaksi. Peluang dimuat hampir 90%. 

2.    Tulis resensi sepanjang 4000-4500-an karakter dengan spasi. Sobat pasti sudah tahu cara menghitunganya di Ms. Word. Kan?

3.    Setelah selesaikan persiapkan juga scan kover buku, scan ktp, scan npwp (jika ada), foto yang paling keren, dan semuanya di masukkan dalam lampiran. 

4.    Oya, jangan lupa di akhir naskah cantumkan siapa diri sobat. Contoh: peresensi: Muhammad Anduk – Alumnus STIE Panca Warna. Itu gunanya untuk menguatkan kalau penulis naskah orang yang berpendidikan. 

5.    Biodata lengkap juga jangan lupa di akhir naskah seperti nama lengkap, alamat, nomor rekening bank dan lainnya. 

6.    Jika semua sudah siap, silakan kirim ke email ini: opinikoranjakarta@gmail.com dan opinikoranjakarta@yahoo.co.id  dengan subjek: Perada-Resensi-Judul Naskah.

7.    Sobat tinggal berdoa agar dimuat. Oya, selama menunggu dimuat lebih baik gunakan waktu untuk menulis naskah-naskah lainnya.

Nah…gampangkan? Tinggal tunggu saja nasib naskah kita. Jika beruntung, menurut pengalaman saya, naskah akan dimuat tak sampai seminggu setelah kirim. Tapi…ada juga satu naskah saya yang dimuat pada hari ke-16 setelah kirim. Karena memang masa tunggu maksimal naskah adalah dua pekan.
Ada satu lagi yang penting! Jangan sekali-kali kirim satu naskah yang sama ke Koran ini dan Koran lain dalam waktu bersamaan. Kenapa? Jika dimuat bersamaan jadi berabe urusannya, bila ketahuan (ada yang lapor redaksi) maka dirimu akan di BLAKCLIST, dan honor yang diharapkan tidak akan pernah cair. Hiks…

Semoga artikel ini mengandung manfaat dan selamat mengirim naskahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kirim Resensi Ke Koran Jakarta 2019"