Cara Kirim Cerpen Ke Kompas Terbaru

Cara Kirim Cerpen Ke Kompas Terbaru
Cara Kirim Cerpen Ke Kompas Terbaru

Cara Kirim Cerpen Ke Kompas Terbaru. Halo…Sobat…! Kompas adalah salah satu media nasional terbesar di Indonesia dengan oplah cetak yang cukup besar. Bagi pecinta sastra, Kompas bisa di bilang menjadi barometer untuk membaca karya-karya sastra berbobot dan berkualitas. 

Banyak penulis yang berlomba-lomba mengirimkan karyanya ke Kompas, baik yang baru belajar menulis cerpen atau pun yang sudah berpengalaman. Ada kepuasan tersendiri yang tak bisa di jelaskan dengan kata-kata, ketika karya berhasil dimuat di media ini. Keuntungan apabila karya Sobat berhasil dimuat Kompas, selain mendapatkan honor yang cukup besar yaitu Rp.1.400.000/cerpen, nama sobat juga mulai di kenal dalam kancah sastra nasional. Kerenkan…!

Namun, untuk menembus dan mengetuk pintu hati redaksi Kompas ini sangatlah tidak mudah karena harus bersaing dengan banyak penulis yang kualitas karyanya juga bagus-bagus. Bahkan, banyak penulis yang frustasi dan menyerah untuk bisa berhasil menembus Kompas. 

Jika Sobat tertarik untuk mengirimkan karya ke Kompas, ada tips dari redaksinya langsung yaitu Futu Fajar Arcana bagaimana kriteria cerpen agar bisa dimuat Kompas. Di antaranya adalah:
  1. Gunakan bahasa secara gramatika yang benar dan juga gaya bahasa puitika yang bagus dan menawan.
  2. Gaya bahasa mampu membawa pembaca berimajinasi sendiri setelah membacanya.
  3. Terbuka untuk semua jenis cerpen, baik realis, absurd, maupun solilokui.
  4. Cerpen yang punya logika, konsistensi, karakteristik, kecermatan, dan etika bahasa yang bagus sangat berpeluang besar dimuat.
  5. Tema bebas saja, asal penggarapannya unik, dan menggunakan POV yang tak biasa. Cerpen-cerpen bertema lokalitas lebih disukai redaksi.
  6. Cerpen yang pada pembukaan kalimat sangat menarik dan memikat, akan membuat redaksi bertahan untuk membacanya hingga tuntas.
  7. Cerpen harus sempurna dalam EYD (wajib), redaksi tidak mentolerer ada typo dalam naskah.
  8. Semua penulis, baik pemula maupun senior, mendapat tempat yang sama. Jadi buat penulis baru jangan minder, sebab kualitas karya lebih di utamakan dari pada nama penulis.

Itulah beberapa poin yang menjadi acuan redaksi dalam memilih cerpen yang akan dimuat. Untuk lebih memahami keinginan redaksi, sebaiknya baca 20-30 cerpen Kompas sebelum menulis satu cerpen untuk di kirim ke media ini.

Cerpen yang sudah siap sepanjang 10000 karakter dengan spasi, bisa Sobat kirim ke email ini: opini@kompas.com atau opini@kompas.co.id. Dengan subjek Cerpen-Judul naskah. Masa tunggu pemuatan 3 bulanan. Jika lebih dari itu artinya naskah tidak akan dimuat alias di tolak.

Demikian cara kirim cerpen ke Kompas terbaru. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam Inspirasi…

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Cara Kirim Cerpen Ke Kompas Terbaru"

Sarah Afifah, SH said...

assalamualaikum wr. wb
saya ingin mengirimkan cerpen ke tiom kompas. tapi cerpen saya hanya 3000 an karakter. apa boleh?

Sarah Afifah, SH said...

assalamualaikum wr. wb
saya juga ingin mengirimkan cerpen saya ke tim kompas. tapi cerpen saya hanya berjumlah 3000 an karakter. apa boleh?

Unknown said...

Good saya akan coba,, saya pastikan bisa

Unknown said...

Good , saya akan bisa tembus ke om redaksi, tunggu ya,,,,