Cara Kirim Naskah Ke Suara Merdeka.

Cara Kirim Naskah Ke Suara Merdeka.
Cara Kirim Naskah Ke Suara Merdeka.

Cara Kirim Naskah Ke Suara Merdeka. Sobat tentu ingin karyanya banyak menembus berbagai media di tanah air, selain mendapatkan banyak reward, juga membuat nama penulisnya akan di kenal banyak orang, terutama di kalangan para penulis juga. Semakin banyak teman, semakin banyak juga koneksi, dan peluang juga semakin besar.

Salah satu media yang juga cukup bergengsi untuk di tembus adalah harian Suara Merdeka. Koran ini memberikan tempat yang cukup banyak untuk para penulis lepas berkarya. Suara Merdeka menerima kiriman esai, opini, cerpen, puisi, dan beberapa naskah lainnya.

Untuk setiap naskah yang dimuat, media ini juga sudah menganggarkan budgetnya untuk member apresiasi kepada penulis yang bersangkutan. Cerpen misalnya ada honor sekitar Rp. 300.000,- puisi Rp.100.000, dan resensi Rp. 200.000. untuk naskah lainnya saya kurang tahu berapa tepatnya angka honornya. 

Jika Sobat mau mencoba mengirimkan karya ke Suara Merdeka, khususnya untuk cerpen, puisi, dan resensi, saya akan berikan tata cara dan alamat pengirimannya. Untuk setiap naskah yang berbeda penjaga gawangnya (redaksi) maka beda pula email pengirimannya.

Email pengiriman naskah cerpen dan  puisi ke Suara Merdeka : untuk pengiriman kedua naskah ini emailnya sama saja sebab mungkin redaksinya juga sama: silakan naskahnya kirim ke email ini: swarasastra@gmail.com. Panjang naskah cerpen sekitar 5-7 halaman, dan puisi 4-7 judul. 

Email pengiriman naskah resensi ke Suara Merdeka: untuk naskah resensi emailnya tentu saja berbeda dengan naskah cerpen dan puisi. Silakan kirim naskah resensi ke email ini: swarasensi@yahoo.com . panjang naskah sekitar 4500-5000 karakter. untuk naskah-naskah lainnya saya kurang tahu apakah berbeda atau sama email kirimnya.

Masa tunggu naskah-naskah tersebut dari 1-4 mingguan. Naskah cerpen dan puisi biasanya banyak pengirimnya sehingga harus menunggu antrian sedikit lebih lama dari pada naskah resensi. Untuk mendapatkan bukti terbitnya jika naskah dimuat, Sobat bisa mengaksesnya lewat epaper yang biasa nya update sekitar jam 12 an setiap harinya. 

Demikian info tentang cara kirim naskah ke harian Suara Merdeka. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian yang membutuhkannya. Tetap semangat menulis dan salam inspirasi...



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Kirim Naskah Ke Suara Merdeka."