Cara Kirim Cerpen Ke Jawa Pos Terbaru 2016

 
 
Cara Kirim Cerpen Ke Jawa Pos Terbaru 2016
Cara Kirim Cerpen Ke Jawa Pos Terbaru 2016
Cara Kirim Cerpen Ke Jawa Pos. Halo…Sobat, pernah berniat ingin kirim cerpen ke Jawa Pos? tapi masih bingung cara kirimnya bagaimana, dan ketika mencari di internet ternyata tidak ada informasi yang memuaskan alias masih membuat bingung. Nah…jika itu terjadi sama Sobat sekalian, maka ikuti baca artikel ini hingga tuntas, dan Insya Allah sobat tak akan kebingungan lagi.

Jawa Pos juga merupakan Koran Nasional yang berjaringan besar seperti Kompas. Jawa Pos punya jaringan Koran-koran lokal yang berawalkan Radar pada nama korannya. Contoh: Radar Surabaya, Radar Malang, Radar Banjarmasin, dan lain-lain.

Karena merupakan salah satu media nasional yang cukup besar, tak heran Jawa Pos begitu mengapreasi para penulis lepas yang mengirimkan karya pada mereka dengan memberikan honor atau imbalan yang cukup besar, sehingga para penulis merasa sangat dihargai atas jerih payahnya membuat karya-karya berkualitas baik cerpen, puisi, opini, dan esai, serta tulisan-tulisan lainnya.

Untuk cerpen, Jawa Pos memberikan honor sebesar Rp.1000.000/ cerpen. Honornya pun sangat lancar, di transfer 1-2 minggu setelah pemuatan, jadi tak perlu di tagih segala seperti pada beberapa media yang cukup ngerepotin penulis juga.

Untuk teknis pengiriman sama saja dengan media lainnya: panjang naskah sekitar 10000 karakter dengan spasi atau sekitar 5-7 halaman kuarto. Tema bebas saja, lebih disukai juga yang mengangkat tema-tema lokalitas. Sebaiknya pelajari saja dari cerpen-cerpen yang sudah pernah dimuat Jawa Pos ini, hingga tak bingung lagi cerpen seperti apa yang disukai redaksi.

Cerpen yang sudah jadi dan rapi, silakan di kirim ke emal ini: ari@jawapos.co.id . dengan subjek: Cerpen-Judul Naskah.

Masa tunggu pemuatan biasanya 1-3 bulan, jadi harus sabar juga menunggu antrian. Media ini tidak memberikan konfirmasi akan pemuatan naskah, jadi penulis sendiri harus aktif memantaunya setiap hari Minggu, bisa beli korannya tiap minggu, atau mengintip dari status para penulis lainnya di group Fb, Sastra Minggu.

Semoga dengan artikel ini kebingungan sobat sudah terobati, karena alamat email yang di cantumkan di atas adalah email terbaru, yang saya konfirmasi langsung kepada penulis yang karyanya sering dimuat di Jawa Pos.

Oke…sampai disini saja artikel tentang cara kirim cerpen ke Jawa Pos. Mudahan-mudaham Sobat yang mengirimkan karyanya ke Jawa Pos berhasil dimuat. Amiin. Tetap semangat berkarya dan salam inspirasi…



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Kirim Cerpen Ke Jawa Pos Terbaru 2016"

Anonymous said...

Terimakasih kak. Ini sangat membantu saya 👍

Nur Karimah said...

cerpen atau karya-karya yang lain, kalau panjang naskahnya tidak sampai 10000 karakter, apa boleh? Atau misalkan kalau cerpen hanya sekitar 2 lembar atau 3 lembar, apa boleh?