Cara kirim cerpen ke Banjarmasin Post

Cara Kirim Cerpen ke Banjarmasin Post
Cara Kirim Cerpen Ke Banjarmasin Post

Hai…hai…Sobat, semoga tetap bahagia di malam yang dingin ini ya…hehe…bingung sebenarnya mau nulis apa malam ini, tapi tiba-tiba ingat dan kangen nulis cerpen lagi, maklum tahun 2015 ini lebih banyak nulis naskah resensi ketimbang cerpen. Semoga saja saya tidak lupa tehnik nulis cerpen. Amiin..

Untuk mengobati kangen nulis cerpen, jadi sambil-sambil cari inspirasi lebih baik berbagi informasi tentang cara kirim cerpen ke Banjarmasin Post. Sobat mungkin sudah tahu kalau Banjarmasin Post adalah Koran terbesar di daerah saya, Kalimantan Selatan. Distribusinya bahkan sampai Kalimantan Tengah…jadi oplahnya tentu saja besar. Banjarmasin Post juga satu group dengan Kompas Gramedia.

Nah…sebelum kirim cerpen ke Banjarmasin Post, kudu tahu dulu persyaratannya apa aja, entar kalau asal kirim, sampai jamuran juga naskahnya nggak bakal dimuat. Haha…baiknya sih tiap minggu baca-baca dulu cerpen-cerpen yang dimuat biar lebih afdal. Cekidot simak dulu poin-poin di bawah ini:

1.    Nulis cerpen Ke Banjarmasin Post nggak perlu panjang-panjang cukup 2 halaman kuarto aja. Sebab       space korannya terbatas. Kalau lebih dari itu mungkin nggak akan dimuat.
2.    Tema bebas aja ya sobat, yang penting menarik hati redakturnya.
3.    Langsung buka dengan konflik aja jalan ceritanya, kalau bertele-tele entar lebih dari 2 halaman lagi.
4.    Kalau udah selesai, cek lagi kali aja ada kesalahan ketik.
5.   Oya, jangan lupa buat judul yang menarik. Kalau saya biasanya suka buat judul duluan dari pada mikiran jalan cerita. Sebab, kalau udah ketemu judul yang bagus biasanya cerita akan berkembang dengan sendirinya. (ini pengalaman saya).
6.    Di akhir naskah tulis identitas lengkap dan alamat jelas, nomor rekening bank untuk transfer honor jika karya sobat berhasil dimuat. Honornya Rp. 100.000,-.lumayankan buat makan-makan di warung.
7.     Nah…jika semua sudah siap, kirim naskahnya ke sini. hamsibpost@yahoo.co.id.
8.    Seperti biasa, berdoa semoga dimuat. Oya, masa tunggu untuk cerpen bisa sampai satu hingga dua bulan jadi mesti sabar. Kalau perlu tulis dan kirim lagi tanpa menunggu naskah lama dimuat.
9.    Selain cerpen, redaksi juga nerima kiriman puisi, cukup 3 judul saja dan kirim ke email yang sama.
10.    Hampir lupa, jika dimuat dan honor pemuatan belum juga di bayar dalam rentang satu bulan, hubungin aja bagian keuangan Banjarmasin Post di nomor ini 085249966243. Tagih aja dengan bahasa yang sopan dan pasti di bayar.

Bagaimana, apa tertarik kirim naskah cerpen dan puisi ke Banjarmasin Post? Nembusnya nggak sesusah kompas lho…walaupun honornya nggak gede-gede banget tapi masih mending dari pada media nggak berhonor. Iya kan?

Kalau kesulitan mencari inspirasi, ini saya kasih judul yang menarik. Sobat bisa kembangin jalan ceritanya sendiri. “ Perempuan yang tertinggal dalam kenangan” atau “ Lelaki bersayap yang datang dalam rahimnya”
Nah…dari dua judul itu sobat pasti sudah punya bayangan bagaimana ceritanya ingin ditulis. Jadi langsung ketik aja tanpa banyak mikir. Sebab kalau kebanyakkan mikir pasti yang timbul rasa malas dan ceritanya nggak jadi-jadi.

Itulah cara kirim cerpen ke Banjarmasin Post. Mudah dan gampang. Semoga sobat semakin produktif menulis dan banyak menyerbu media cetak. Amiin…berpikirlah positif dan yakin kalau sobat juga pasti bisa nembus Koran ini. Selamat malam.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Cara kirim cerpen ke Banjarmasin Post"

Unknown said...

Keren nih mas kalau cerpen saya bisa dimuat oleh Banjarmasin Post, kebetulan juga saya tinggal di Banjarmasin dan honornya juga lumayan buat beli paket internet.

Salam Sukses :)

Saleh Khana said...

Iya, Mas. Silakan di coba, nulisnya juga gak panjang-panjang kok di B.Post

Reza Ghani said...

Kalo udah ngirim,bakal ada respon langsungnya gak mas?