Hal-hal yang Membuat Kegiatan Menulis Menjadi Lancar.

Hal-hal yang Membuat Kegiatan Menulis Menjadi Lancar.
Hal-hal yang Membuat Kegiatan Menulis Menjadi Lancar.

Hal-hal yang Membuat Kegiatan Menulis Menjadi Lancar. Sobat Blogger dan Freelance Writer pasti pernah merasakan kehilangan mood dalam menulis bukan? Hingga menyebabkan rasa malas seketika muncul dan tulisan pun tak kunjung selesai.

Hal itu terjadi mungkin karena adanya kebosanan pada kegiatan tersebut. Jenuh adalah rasa yang wajar karena setiap hari selalu duduk di depan laptop dan berkutat tengan tombol-tombol keyboard yang membuat jari semakin keriting. Hehe…

Jika kita mengalami kebosanan dan rasa jenuh dalam menulis yang berdampak pada tidak lancarnya proses kegiatan tersebut, maka kita harus bisa mencari cara mengatasi masalah itu. Mungkin beberapa poin di bawah ini bisa mengatasi masalah tersebut.

Suasana baru.

Jika kita menulis setiap hari di tempat itu-itu saja ya wajar jika rasa jenuh kerap menyerang. Untuk itu carilah lokasi lain yang membuat kegiatan menulis menjadi nyaman. Jika selama ini menulis selalu di dalam kamar, cobalah sekali-kali menulis di taman atau pun di tempat lain yang sekira-kira kita bisa menikmatinya sambil menulis. Pikiran kita akan menjadi refresh dan ratusan kalimat seketika bermunculan dalam otak kita. Suasana baru membuat hati menjadi senang dan pikiran pun tenang.

Putar musik

Menulis sambil menikmati alunan musik bisa menjadikan otak kita lancar dalam berpikir. Kekuatan musik bisa menggerakkan syaraf-syaraf dalam otak agar tidak mudah stress dan sakit kepala. Putar lah lagu-lagu yang kita sukai yang sekiranya tidak mengganggu keadaan sekitar. Sekali-sekali ikut lah juga bersenandung mengikuti suara penyanyinya.  Dengan melakukan hal itu, pasti kegiatan menulis kita akan lancar jaya.

Cemilan dan segelas minuman.

Menulis di temani cemilan dan segelas minuman : kopi, jus, the, atau minuman lainnya, akan membuat kegiatan menulis menjadi sangat menyenangkan. Lihatlah penulis-penulis produktif, mereka tak pernah lupa selalu membawa dua hal ini untuk menemani kegiatan menulis. Cemilan habis, minuman tandas, dan tulisanpun kelar.

Jika ketiga cara di atas masih juga belum membuat kegiatan menulis menjadi lancar, maka lebih baik rehat sejenak dan tinggalkan pekerjaan tesebut. Kita bisa tiduran, nonton acara kesayangan, atau pun berselancar di dunia maya. Jika pikiran sudah tenang, silakan kembali membuka lembar kerjanya, dan biasanya cara ini akan berhasil membuat ide-ide berloncatan dalam tulisan kita. 

Oke…itulah beberapa hal yang harus dilakukan untuk membuat kegiatan menulis menjadi lancar dan menyenangkan. Ingat! Jangan jadikan kegiatan menulis sebagai beban dan menulislah dari hati. Salam inspirasi…


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal-hal yang Membuat Kegiatan Menulis Menjadi Lancar."