Tips Agar Cerita dimuat Majalah Bobo

Tips Agar Cerita dimuat Majalah Bobo
Tips Agar Cerita dimuat Majalah Bobo

Tips Agar Cerita dimuat Majalah Bobo. Halo…Sobat. Coba lihat pada widget Popular Post, ternyata artikel yang paling banyak di baca adalah Cara Kirim Cerpen Ke Majalah Bobo, nah itu berarti banyak sekali yang berniat mau kirim naskah ke media anak yang keren itu. 

Menembus Majalah Bobo bisa di bilang susah-susah gampang, dan masa tunggu pemuatan naskahnya pun lumayan lama, bisa memakan waktu sampai 7-14 bulan. Sayangnya, dengan waktu tunggu selama itu, tidak ada konfirmasi apapun dari redaksi terkait naskah yang di kirimkan, apakah di tolak atau di terima. Sehingga penantian sobat bisa si bilang menunggu hal yang tak pasti. 

Agar penantian itu tidak sia-sia, maka Sobat harus tahu dulu trik membuat cerita agar dimuat Majalah Bobo. Berdasarkan pengamatan saya dari cerita-cerita yang dimuat Majalah Bobo dan pengalaman saya beberapa kali dimuat di majalah ini, ada beberapa hal yang harus ada pada cerita tersebut:

Buat Cerita yang Tak Biasa.

Membuat cerita yang tak biasa adalah hal wajib bagi Sobat agar naskah dimuat Majalah Bobo. Maksudnya adalah membuat cerita yang jarang sekali diangkat oleh penulis lain, bisa hal apa saja yang penting beda dari naskah yang sudah pernah dimuat Majalah Bobo. Misalnya Sobat membuat dongeng tentang printer, smartphone, ataupun benda-benda lainnya, yan penting cerita mengalir dan menghibur. Pasti sobat bisa mengemasnya, saya yakin itu. Jika Sobat membaca beberapa cerita di Majalah Bobo lalu mengikuti temanya, maka kecil kemungkinan akan dimuat. 

 
Buat Cerita Tentang Lokalitas.

Cerita yang membawa unsur  lokalitas sangat di sukai redaksi Majalah Bobo. Kenapa? Karena redaksi ingin mengenalkan hal-hal yang berbau kedaerahan kepada anak sejak dini, agar tahu bahwa Bangsa Indonesia mempunyai ragam keunikan di setiap daerahnya. Sobat bisa memulainya dari daerah sendiri, bisa mengangkat tentang makanan tradisional, kebudayaan, kesenian, ataupun hal-hal unik lainnya. Yang penting tidak mengandung SARA.



Kirimlah Banyak Cerita dengan Tema yang Berbeda.


Mengirim banyak cerita ke Majalah Bobo adalah cara yang ampuh agar dimuat Majalah Bobo, tapi setiap cerita harus berbeda temanya agar setiap naskah punya peluang untuk dimuat semuanya. Kirimlah cerita 3-4 naskah dalam seminggu, tak perlu kirim satu naskah satu hari. Kenapa? Dengan adanya jeda, redaksi tahu bahwa cerita tidak dimuat secara instan dan tergesa-gesa. 

Dari ketiga tips di atas, jika benar-benar dilakukan,  pasti naskah Sobat akan tembus Majalah Bobo. Tak percaya? Bacalah sekali lagi cerita-cerita di Majalah Bobo terbaru, lihat dan amati, apakah cerita-ceritanya pas dengan tips yang saya berikan atau mendekati? Jika iya, maka saatnya Sobat melakukannya.

Oke..demikian tips agar cerita dimuat Majalah Bobo. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat yang lagi berjuang menembus Majalah Bobo. Tetap semangat dan salam inspirasi…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Agar Cerita dimuat Majalah Bobo"