Seteguk Air yang Mengantarkan Ke Surga.

Seteguk Air yang Mengantarkan Ke Surga.
Seteguk Air yang Mengantarkan Ke Surga.

Kisah Himah: Seteguk Air yang Mengantarkan Ke Surga. Sobat…sekalian, pada zaman Rasulullah, Ikrimah binti Abu Jahal adalah musuh besar Islam yang selalu berusaha menghancurkan Rasulullah dan umatnya. Dalam suatu perperangan ia tertangkap dan akan di hukum mati. Sebelum di hukum mati, ternyata Allah Swt memberinya hidayah dan kemudian memeluk Islam.

Setelah memeluk Islam, Ikrimah menjadi orang yang taat beribadah dan menyesali segala dosa-dosanya yang telah lalu. Ia juga pejuang yang selalu berada di barisan terdepan untuk menghalau musuh-musuh Islam. Ia bertarung dengan gagah berani dan tak kenal rasa takut. 

Ketika perang Yarmuk melawan tentara Romawi, Ikrimah maju berperang seperti orang yang kesetanan, ia mengamuk menghantam barisan musuh. Saat Khalid bin Walid melihatnya dan menegurnya:

“Ikrimah! Kembali! Jangan gegabah. Jangan sampai kamu terbunuh karena itu kerugian besar bagi umat Islam,”

Ikrimah mengacuhkan seruan itu: “Jangan halangi aku! Aku ingin menebus dosa-dosaku yang lalu sebagai musuh Islam…”

Ikrimah tetap menerjang ke barisan musuh bersama pejuang-pejuang Islam lainnya. Dengan susah payah, akhirnya pasukan Romawi berhasil di pukul mundur. Pasukan Islam kembali menang walau banyak juga yang gugur menjadi Syuhada.

Ikrimah bin Abu Jahal, al Harits bin Hisyam, ‘Ayyasy bin Abi Rabi’ah di temukan sekarat. Mereka di jejerkan dalam satu barisan. Al Harits sangat kehausan dan meminta air. Ketika minuman itu di dekatkan kemulutnya ia melihat Ikrimah juga kepayahan dengan luka yang cukup parah. Al Harits pun berujar “Berikanlah minuman ini lebih dulu pada Ikrimah”

Air pun ingin di minumkan pada Ikrimah. Ayyasy ternyata menoleh dan membuat Ikrimah Kasihan “Berikan minuman ini pada Ayyasy.”

Namun, sebelum air itu sampai ke mulut Ayyasy, ternyata malaikat maut lebih dulu menjemput jiwanya yang mulia. Minuman itu ingin dikembalikan pada Ikrimah dan al Harits, tetapi ternyata keduanya juga telah di jemput malaikat maut.

Karena ke ikhlasan mereka memberikan air pada yang lebih membutuhkan, Allah membalas ketiganya dengan surga.

Lalu apa yang dapat kita petik pelajaran dari kisah di atas? Allah adalah Maha Kuasa, ia bisa membolak-balikkan hati seseorang dengan mudah. Hari ini kafir besok bisa menjadi muslim, begitu juga sebaliknya. Contohnya adalah Ikrimah bin Abu Jahal tersebut. Selain itu, mengutamakan kepentingan orang lain dari pada diri sendiri ternyata mempunyai nilai yang besar di sisi Allah Swt. Semoga…kita selalu menjadi orang yang di cintai Allah dan selalu  di mantapkan iman kita. Amiin…

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Seteguk Air yang Mengantarkan Ke Surga."

Unknown said...

Trimakasih sangat membantu