Ketika Semangat Menulis Menurun, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika Semangat Menulis Menurun, Apa yang Harus Dilakukan?
Ketika Semangat Menulis Menurun, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika Semangat Menulis Menurun, Apa yang Harus Dilakukan?. Sobat…dalam menjalani rutinitas pasti suatu saat akan di landa kebosanan dan juga semangat yang hilang untuk menjalani aktivitas tersebut, tak terkecuali bagi seorang penulis.

Seorang penulis ada kalanya terserang rasa jenuh hingga semangat untuk menulis jelas menurun. Jika itu sudah terjadi, maka akan terasa sulit untuk menumbuhkan kembali semangat menulis tersebut, bahkan bisa-bisa semangat tersebut hilang dari diri kita. 

Untuk bisa mengatasi masalah tersebut, saya ada sedikit tips yang biasa saya lakukan ketika semangat menulis menurun, yang mungkin juga berguna untuk sobat semua. Inilah beberapa poinnya yang sobat bisa terapkan:

Tutup dan Matikanlah Komputer Sobat.

Jika memang Sobat tak ada gairah lagi dalam menulis, maka lebih baik kita tutup dan matikan komputer  di hadapan Sobat. Kenapa? Kalau tetap di paksakan untuk menulis maka hasilnya tidak akan maksimal. Pekerjaan apapun yang di lakukan dengan setengah hati tak akan membuat pekerjaan tersebut menjadi sempurna.

Jangan Pikirkan Lagi Tentang Menulis.

Hal ini dilakukan untuk membuat otak kita santai dan tidak lagi stress. Kalau terus memikirkan tentang menulis maka otak akan terus bekerja, kepala jadi sakit dan pusing tentunya. Lupakanlah tentang menulis dan mulai pikirkan hal lain yang membuat otak menjadi segar kembali.

Lakukan Kegiatan selain Menulis.

Kalau tidak melakukan hal-hal lain, maka sobat akan kembali kepikiran tentang menulis padahal otak belum segar betul untuk memulai aktivitas menulis lagi. Sobat bisa melakukan berbagai macam hobi yang dapat membuat hati gembira. Bisa jalan-jalan, memancing, berenang, nonton film, makan-makan, atau apapun juga, yang penting tidak berhubungan dengan menulis. 

Jika ketiga hal tersebut terus di lakukan, apakah tidak akan membuat semangat menulis hilang dan berganti dengan rasa malas? Jika Sobat adalah seorang yang benar-benar mencintai dunia kepenulisan, maka hal tersebut tidak akan terjadi. Sebab, orang-orang yang benar mencintai dunia kepenulisan, akan merasakan kerinduan berkarya ketika hal tersebut telah lama tidak dilakukannya.

Nah…ketika kerinduan itu sudah muncul, maka saatnya Sobat kembali untuk menulis, maka semangat menulis akan berlipat-lipat ganda dan bisa menghadirkan karya-karya terbaik Sobat. Sobat akan tahu sendiri kapan kerinduan itu tiba hingga merasa itulah saat yang tepat untuk kembali menulis.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi masalah semangat menulis yang menurun. Semoga bisa membantu sobat semua yang mungkin saat ini sedang galau karena tidak semangat lagi menulis. Tetap semangat menulis dan salam inspirasi…

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Ketika Semangat Menulis Menurun, Apa yang Harus Dilakukan?"

Patrick Prasetyo said...

Wah, beberapa tips diatas mungkin bisa diterapkan kalo juga sedang nggak ada ide buat ditulis.

Saleh Khana said...

Hehe...tips di atas adalah hal yang mudah dilakukan.

Saleh Khana said...

Terima kasih Mas Fajrin atas kunjungannya.