Cara Kirim Naskah Ke Koran Pantura

Cara Kirim Naskah Ke Koran Pantura
Cara Kirim Naskah Ke Koran Pantura

Cara Kirim Naskah Ke Koran Pantura. Halo…Sobat, tahu nggak media cetak bernama Koran Pantura? Mungkin banyak diantara sobat semua yang giling-giling kepada karena tidak tahu. Memang media yang satu ini belum familiar di telinga, karena memang media ini baru terbit beberapa bulan yang lalu.

Koran Pantura sebenarnya adalah nama ubahan dari Koran sebelumnya yaitu Kabar Probolinggo. Dari namanya saja sobat pasti bisa menebak kalau koran ini adalah Koran lokal yang hanya beredar di daerah probolinggo dan sekitarnya. Sempat vakum beberapa minggu, tiba-tiba saya dapat email dari redaksi kalau Koran Pantura menerima kiriman naskah dari para penuli lepas. Weih…udah ganti nama rupanya, pikir saya kala itu.

Kebetulan ada stok resensi, jadi saya kirimkan saja resensi tersebut ke redaksi Koran Pantura. Seminggu kemudian saya kembali dapat email dan bukti cetak berbentuk pdf dari redaksi kalau naskah saya sudah dimuat. Tentu saja saya senang, karena nambah satu lagi media untuk ruang berkreasi menyalurkan karya.

Nah…bagi sobat yang punya naskah tak ada salahnya juga kirimkan naskahnya ke Koran Pantura. Redaksi menerima tulisan berupa cerpen, puisi, opini, esai, dan juga resensi. Teknis penulisannya sama saja dengan media-media lain jadi nggak perlu bingung kalau nggak tahu persyaratan lengkapnya, karena memang redaksi tidak ada merinci teknik penulisannya jadi saya juga tidak bisa menuliskannya pada artikel ini.

Jika Sobat berminat silakan kirimkan naskahnya ke email ini: redaksi.koranpantura@gmail.com atau ke email ini juga boleh redaksi.kabarprobolinggo@yahoo.com dan redaksi.kabarprobolinggo@gmail.com. Sebaiknya masukkan saja ketiga email tersebut pada bagian penerimanya agar tidak ragu sampai atau tidak ke hadapan redaksi.  Oya, jika ingin karyanya dimuat beserta dengan foto di samping naskah, maka Sobat jangan lupa lampirkan juga foto paling keren di akhir naskah. Wajah Sobat pasti ikut eksis juga. Hehe...

Redaksi memuat naskah kiriman penulis setiap hari di rubrik Ruang Kita halaman 6, jadi peluang naskah Sobat dimuat sangat besar, tapi mesti antri juga karena yang kirim lumayan banyak lho. Jika dimuat Sobat  akan di kirimi oleh redaksi bukti cetaknya berupa file pdf, jadi nggak bakal kehilangan file untuk arsip pribadi.

Sebelum ada yang nanya mengenai honor, lebih baik saya tuliskan juga di sini kalau redaksi untuk sementara tidak memberikan apresiasi  apapun untuk setiap naskah yang dimuat, jadi Sobat mesti ikhlas ya jika kirim ke Koran Pantura. Jika ingin tetap mendapatkan reward, lebih baik Sobat kirim naskah resensi saja, minimal Sobat akan dapat buku baru dari penerbit jika konfirm pemuatan resensi di Koran Pantura ke penerbit bersangkutan.

Oke...demikian artikel kali ini tentang cara kirim naskah ke Koran Pantura (Kabar Probolinggo). Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat yang ingin terus berkarya. Tetap semangat menulis dan salam inspirasi...


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Kirim Naskah Ke Koran Pantura"

Nyi Penengah said...

Makasih Kak, sangat membantu