Kisah Seekor Lalat yang Mengantarkan Sang Imam Ke Surga

Kisah Seekor Lalat yang Mengantarkan Sang Imam Ke Surga
Kisah Seekor Lalat yang Mengantarkan Sang Imam Ke Surga

Kisah Hikmah: Kisah Seekor Lalat yang Mengantarkan Sang Imam Ke Surga. Sobat…berbuat kebaikan sekecil apapun, maka pasti akan mendapat balasan dari Allah Swt. Bahkan, berbuat kebaikan pada seekor lalat pun bisa mengantarkan pemilik perbuatan masuk ke dalam surga, walaupun perbuatan itu kecil dari pandangan manusia tapi sangat besar nilainya di sisi Allah Swt 

Di kisahkan ada seorang saleh bermimpi bertemu dengan Imam al-Ghazali, yang pada itu sang Imam telah wafat. Lalu orang salih tersebut bertanya pada Sang Imam.

“Apa yang telah Allah Swt perbuatan terhadapmu wahai Imam?”

Imam al-Ghazali pun menjawab. “ Allah Swt membawaku menghadapnya dan bertanya “Apakah yang telah engkau persembahkan untuk-Ku? Aku pun menyebutkan amal-amal yang telah aku lakukan. Kemudian Allah berkata lagi “Aku tidak menerima semua amal ibadahmu itu. Tetapi yang Aku terima adalah ketika ada seekor lalat yang hinggap di mata penamu untuk meminum tintanya. Engkau tidak mengusirnya karena kasihan hingga  lalat itu pergi dengan sendirinya setelah kenyang.” Dan Allah memerintahkan pada Malaikat-Nya. “Bawalah hambaku ini ke dalam surga.”

Sobat…dari kisah di atas yang bisa kita ambil hikmahnya adalah rasa saling kasih sayang pada sesama makhluk ciptaan Allah Swt. Sama binatang saja kita di anjurkan untuk berbuat kebaikan, apalagi pada sesama manusia. Allah akan menyukai pada hamba-hamba-Nya yang gemar berbuat kebaikan pada sesame makhluk.

Selain itu dari kisah di atas kita juga dapat mengambil pelajaran, bahwa kebaikan sekecil biji zarah pun pasti akan mendapat balasan, dan begitu juga sebaliknya, sekecil apapun perbuatan dosa pasti juga akan menerima balasannya. Bukannya sesuatu yang kecil kalau dilakukan terus-menerus akan menjadi besar?

Sobat…hari ini mungkin menyumbang seribu rupiah bagi seorang pengemis yang kelaparan. Mungkin uang seribu rupiah sangat kecil di mata kita sebab untuk beli r*kok saja pasti tidak cukup. Akan tetapi, di mata pengimis itu sangat besar nilainya sehingga ia sangat bersyukur dan berdoa kepada Allah agar membalas kebaikan Sobat. Dari doa-doa itulah mungkin Allah akan reda dengan perbuatan kita, sehingga amal-amal yang lainpun juga ikut di terima. 

So… sekecil apapun perbuatan baik dilakukan, alangkah baiknya di lakukan setiap hari, walaupun hanya sebuah senyum yang menenangkan ataupun membuang sebilah paku yang ada di jalanan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kisah Seekor Lalat yang Mengantarkan Sang Imam Ke Surga "