Cara Kirim Resensi Ke Radar Sampit

Cara Kirim Resensi Ke Radar Sampit
Cara Kirim Resensi Ke Radar Sampit

Malam sobat…! Mau nulis naskah cerpen atau resensi tapi kok tiba-tiba rada males gitu…jadinya dari pada nggak nulis sama sekali lebih baik saya nulis di blog sederhana ini. Sama seperti artikel-artikel sebelumnya, kali ini masih membahas cara pengiriman naskah resensi, yaitu cara kirim resensi ke Radar Sampit.

Radar Sampit merupakan salah satu media anggota Kaltim Post Group, jadi juga merupakan salah satu Koran terbesar di kota Sampit. Radar Sampit memberikan kesempatan kepada penulis-penulis naskah resensi, baik buku ataupun film, untuk mengirimkannya ke media ini.

Setiap hari minggu ada tiga sampai empat naskah resensi yang dimuat, jadi kesempatan untuk dimuat lebih besar. Namun perlu di garis bawahi, untuk setiap naskah resensi yang dimuat, media ini tidak memberikan apresiasi apapun, jadi naskahnya gratisan. Walaupun nggak berhonor, namun tetap saja banyak peresensi yang mengirimkan naskah dan harus mengantri pemuatan, termasuk saya rajin kirim ke media ini.

Gratisan kok mau? Emang nulis kerja bakti apa? Gue ugah dah kalau nggak berhonor.

Walaupun kita nggak dapat honor dari media ini, kita masih bisa mensiasatinya dengan hanya mengirimkan resensi buku dari penerbit-penerbit yang memberikan fee, jadi jangan asal kirim kalau ingin dapat penghasilan. Silakan cari dan baca postingan saya yang lain, yaitu daftar penerbit yang memberikan reward resensi.

Jika sobat sudah punya pilihan buku yang akan di resensi (tentunya dari buku terbitan penerbit yang kasih fee) bisa langsung action tulis naskahnya seperti biasa sepanjang 3000-4500 karakter dengan spasi. Siapkan semua yang biasa dilampirkan dalam naskah resensi seperti scan cover buku, ktp, foto close-up dan biodata lengkap. 

Jika semua sudah siap, naskahnya bisa di kirim ke email ini: resensi_radarsampit@yahoo.co.id dengan subjek: Resensi-Judul Naskah. Oya…gunakan juga kata pengantar yang sopan untuk memikat redaksi. Jika sudah terkirim sobat tinggal berharap saja agar dimuat. Untuk kabar terbarunya, sepertinya untuk sekarang ini seleksi naskahnya mingguan, jadi kalau tak dimuat di minggu ini, kecil harapan untuk dimuat minggu depan. Hal ini dikarenakan karena banyaknya naskah resensi yang diterima redaksi tiap minggunya, jadi yang dipilih cuma 3-4 naskah saja. 

Oya, untuk penulis-penulis yang berada di luar Kota Sampit tak perlu kuatir untuk bisa mendapatkan bukti terbitnya-mengingat bukti terbit sangat penting bagi peresensi untuk konfirmasi ke penerbit- karena ada epapernya yang selalu update. Biasanya update satu hingga dua hari setelah terbit bukti cetaknya. Epaper minggu biasanya update senin atau selasa. 

Oke…itulah informasi pada posting kali ini tentang cara kirim resensi ke Radar Sampit. Sebenarnya tidak ada media yang sulit untuk di tembus asal giat dan rajin saja sobat mengirimkan naskahnya media-media incaran. Percayalah tiada kesuksesan tanpa perjuangan. Jika memang rezeki sobat ada di jalur penulisan, maka semuanya akan menjadi mudah. Namun, jika sobat sudah berusaha sekuat tenaga tapi tidak juga mendapatkan hasil yang di inginkan, berarti Tuhan meminta sobat untuk mencari jalan lain sebagai jalan rezeki sobat. Karena seperti yang kita tahu…garis rezeki sudah di tentukan dari sananya. Tapi, untuk mencari tahu apakah jalan itu ada atau tidak maka sobat harus menjalani terlebih dahulu. Jadi tetaplah semangat mengirimkan naskah-naskahnya ke media. Selamat malam dan semoga beruntung. Amiin…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kirim Resensi Ke Radar Sampit"