Daftar Penerbit Pemberi Reward Resensi

Daftar Penerbit Pemberi Reward Resensi
Daftar Penerbit yang memberikan reward resensi

Halo Sobat, jumpa lagi dengan saya lewat blog sederhana ini. Dari judulnya saja, pasti sobat sudah bisa menebak apa yang ingin saya bagikan pada kesempatan kali ini. Yap, saya akan memberikan informasi penerbit-penerbit mana saja yang selama ini memberikan reward, baik berupa fee (duit) dan buku. Tentunya, ini sesuai dengan pengalaman saya selama menjadi peresensi dan penerbit mana saja yang sudah bekerjasama dengan saya. Jadi, bila ada penerbit yang tidak tercantum dalam daftar ini, itu semata-mata hanya karena saya tidak pernah meresensi buku penerbit tersebut.

Menjadi peresensi itu sangat mengasyikkan, itu yang selama ini saya rasakan. Kenapa? Karena dengan menjadi peresensi saya bisa  mempunyai banyak koleksi buku-buku baru, hingga ratusan lebih tanpa harus membeli. Buku-buku tersebut di kasih oleh penerbit sebagai hadiah atas usaha saya meresensi buku-buku mereka, tentunya jika berhasil dimuat media, baik media cetak maupun media online.

Yang lebih mengasyikkan lagi, saya bisa dapat double honor pemuatan resensi, dari penerbit dan dari media yang memuat karya kita. Contoh media yang memberikan honor atas pemuatan resensi adalah Koran Jakarta, Radar Surabaya, Lampung Post, Kedaulatan Rakyat, Riau Pos, Jawa Pos, Kompas, Tempo, dan media-media lainnnya. Gimana, asyik bukan jika bisa dapat honor ganda? Dompet bisa cepat tebal. Hehe…

Satu lagi, menulis resensi itu tak akan sia-sia. Kenapa? (kok kenapa terus) Karena walaupun naskah resensi kita tidak berhasil dimuat media cetak incaran kita, kita masih bisa mengirimkannya ke media online dan pasti dimuat. Dan jika dimuat, kita bisa langsung konfirmasi kepada penerbit. Maka minimal kita dapat satu buku gratis sebagai hadiah. Asyik bukan?. Beda dengan menulis cerpen, kalau tak dimuat media cetak yang berhonor (setelah muter nawarkan sana-sini) maka naskah cerpen akan teronggok di dalam folder naskah dan tak dapat apa-apa (padahal udah pusing kepala nyari inspirasi).

Mana daftar penerbitnya? Lama amat mukaddimahnya.

Hehe…sabar dikit sobat. Orang sabar di sayang Tuhan. Nah…teruskan membaca artikel ini sampai selesai, jangan kabur dulu ya…

Oke…dari pada bosan lalu kabur, mending langsung saya tulis saja daftar penerbit yang memberikan reward resensi. Ini dia sob, cekidot…

1.    Penerbit Diva Press.
Penerbit ini menjadi salah satu penerbit favorit saya, dan juga para peresensi lain tentunya. Diva Press sangat lancar dalam memberikan rewardnya, baik fee (duit) atau pun buku-buku terbaru. Diva press memberikan fee Rp.100.000 dan 2 buah buku untuk satu resensi yang berhasil dimuat media cetak.  Namun, sejak Mei 2015, Diva Press membatasi media-media cetak yang bisa mendapat fee Rp.100.000 dan 2 buah buku dari penerbit.

Berikut saya infokan media mana saja yang di kasih reward dari Diva Press jika karya kita berhasil dimuat di salah satu media ini: Jateng Pos, Harian Bhirawa , Koran Jakarta, Radar Surabaya, Tribun Jogja, Malang Post, Lampung Post, Koran Madura, Kedaulatan Rakyat, Sindo, Harian Analisa, Suara Merdeka, Jawa Pos, Harian Pelita, Riau Pos, Tribun Jateng, Harian Nasional dan Solo Pos.
Selain media-media tersebut di atas, maka Diva Press hanya memberikan reward 1 buku (tanpa duit). Dan untuk naskah yang dimuat media online, sekarang Diva Press tidak memberikana apa-apa lagi. Jika naskah sobat berhasil dimuat, silakan konfirmasi ke emal ini: redaksi_divapress@yahoo.com dengan subjek: Peberitahuan Pemuatan Resensi.

2.    Penerbit Tiga serangkai.
Tiga Serangkai juga lancar dalam memberikan reward pada para peresensi. Jika berhasil dimuat media cetak, kita berhak mendapatkan fee Rp.150.000,- dan 2 buah buku terbaru. Asyiknya, Tiga Serangkai tidak membatasi media cetak yang memuat karya kita, artinya media cetak mana saja, baik lokal maupun nasional, maka sobat akan dapat fee dan buku. Asyiknya lagi, walau dimuat media online sobat masih tetap dapat 2 reward buku baru. Silakan confirm pemuatan resensinya ke email ini: rkurniawan@tigaserangkai.co.id

3.    Penerbit Zaman.
Reward resensi juga lancar dari penerbit ini. Sobat bisa dapat Rp.150.000,- dan 1 buku baru jika berhasil resensinya dimuat media cetak. Jika dimuat media online sobat juga tetap dapat 1 buku baru dari penerbit ini. Konfirmasinya kemana? Silakan kirim email ke sini: aniesah@penerbitzaman.com

4.    Penerbit Mizan.
Penerbit besar asal Bandung ini juga sangat memperhatikan para peresensi yang mempromosikan buku-buku mereka.  Jika sudah menjadi peresensi di daftar penerbit ini, tiap tahun kita akan mendapatkan kartu lebaran dan juga kalender duduk diberikan menjelang tahun baru. Fee yang diberikan penerbit ini sekitar Rp.75000 – 100.000 (tergantung medianya). Namun, tidak semua media cetak di kasih fee oleh penerbit ini (kadang Cuma dapat buku). Sayangnya tidak ada rincian media mana saja yang di kasih fee seperti penerbit Diva Press. Dimuat media online penerbit ini juga tetap memberikan hadiah buku-buku baru. Silakan konfirmasi ke sini: promosi@mizan.com

5.    Penerbit Kanisius.
Walau tidak sebesar penerbit-penerbit di atas, namun urusan reward resensi juga lancar jaya. Kita bisa dapat Rp.100.000,- dan 1 buku baru. Perlu di ingat, untuk hadiah buku agak lama baru di kirim, bisa sampai 2 bulan, ini karena tidak banyak stok buku baru yang terbit tiap bulannya. Silakan konfirmas kesini:  ayun@kanisiusmedia.com

6.    Penerbit Gramedia.
Siapa yang tak kenal penerbit besar ini dengan jaringan toko bukunya yang terbesar di Indonesia. Namun, walaupun penerbit besar, tetapi bagi resensi yang dimuat media cetak hanya mendapatkan 2 buku baru (tanpa fee). Dimuat online tidak dapat apa-apa. Untungnya, sobat bisa request judul untuk hadiah bukunya, asal masih ada stok di penerbit maka akan dikabulkan.  Silakan konfirmasi ke sini: dion.wisnu@gramediapublishers.com

7.    Penerbit Noura Books.
Sebenarnya saya sudah lama tak meresensi buku-buku dari penerbit yang ini, sebab stok buku baru punya saya tidak ada lagi. Penerbit ini juga lancar memberikan reward, namun ada 2 pilihan reward: buku saja, atau duit saja. Tidak bisa kedua-duanya. Oya, jika sobat sudah dianggap peresensi tetap penerbit ini, maka tiap bulan bisa 4-5 judul buku baru di kirim oleh penerbit walau kita tidak ada menulis resensi lagi. Karena lama tak meresensi buku penerbit ini, maka email konfirmasinya pun saya tidak tahu lagi kemana.

8.    Penerbit Bentang Pustaka.
Penerbit inilah yang pertama kali saya resensi bukunya, sekitar tahun 2012. Honorpun waktu itu sangat cepat, pagi konfirmasi siangnya honor sudah masuk. Namun, sekarang penerbit ini sudah berubah, rewardnya pun sangat lambat. Bahkan, hingga aktikel ini saya publish, ada 2 resensi saya yang yang dimuat sekitar bulan mei-juli belum ada tanggapan dari penerbit. Jika kebetulan sobat meresensi buku penerbit ini, silakan konfirmas ke sini: promosi@bentangpustaka.com
Demikian beberapa daftar penerbit yang memberikan reward kepada para peresensi, yang seperti saya bilang di atas, adalah berdasarkan pengalaman saya. Jika sobat tahu ada penerbit lain yang juga memberikan reward yang lancar jaya silakan sebutkan di kolom komentar. Jika sudah tahu, saatnya sobat pilih-pilih buku dan kirim naskahnya ke media. Semoga beruntung.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Daftar Penerbit Pemberi Reward Resensi"

Thanty Endarw said...

Mas mau tanya reward dari penerbit buku Bentang atas 2 tesensi mas di bulan Mei-Juni apakah sudah mas terima? karena saya juga sedang menunggu reward resensi saya dari penerbit ini tapi belum dikirim-kirim.Terima kasih sebelumnya....

Unknown said...

Saya jawab dengan akun ini: Untuk reward mei-juni sudah dapat. Yang belum hanya reward bulan april 2016.

Thanty Endarw said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Klo penerbit Quanta kira2 juga ngasih reward gak?