Cara kirim resensi ke Radar Surabaya

Cara kirim resensi ke Radar Surabaya
Cara kirim resensi ke Radar Surabaya

Halo Sobat, apa kabarnya? Semoga tetap sehat dan baik-baik saja seperti saya ya. Seperti artikel terdahulu, kembali saya ingin berbagi informasi tentang tata cara pengiriman naskah resensi ke media. Kali ini saya akan membahas cara mengirim resensi ke Harian Radar Surabaya.

Jika sobat tertarik ingin mengirim naskah resensinya ke Radar Surabaya, langkah pertama adalah memahami karakter medianya dan buku-buku seperti apa saja yang sering dimuat di Koran ini. Caranya tentu saja dengan rajin membaca naskah-naskah yang sudah dimuat dan sobat bisa mempelajarinya. 

Jika sudah menemukan kira-kira apa yang disukai redaksi, maka selanjutnya sobat tinggal tulis naskah resensinya. Tulislah resensi yang menarik sepanjang 4000-4500 karakter dengan spasi, walaupun ketika dimuat hanya sekitar 2500-an karakter saja karena keterbatasan space halaman korannya. Usahakan hanya membahas poin-poin penting saja dalam buku yang di resensi dan jangan terlalu bertele-tele pada pembuka kalimat.

Jika sudah selesai, saatnya mengirimkan naskah ke redaksi Radar Surabaya. Tulislah kata pengantar yang sopan. Sobat bisa meniru kata pengantar di bawah ini, yang biasa saya pakai setiap kirim naskah:

Kepada Yth.
Redaksi  Harian Radar Surabaya
Di Tempat.

Assalamu'alaikum, wr.wb
Bersama dengan ini, saya mengirimkan resensi buku terbaru  kepada redaksi. Buku yang saya resensi ini bergenre  non  fiksi  dengan judul buku "PENDIDIKAN BERBASIS ENTREPRENEUR" terbitan DIVA PRESS. Semua persyaratan sudah terlampir bersama naskah. Saya ucapkan terima kasih atas perkenannya.

Salam,

Muhammad Saleh
(silakan edit seperlunya).

Selain naskahnya, jangan lupa juga lampirkan biodata lengkap dan nomor rekening sobat. (jangan sampai salah nulis nomor rekening) scan cover buku, scan ktp, scan NPWP (jika ada). Bila semua sudah lengkap silakan kirim ke email ini:

horizon@radarsby.com dan radarsurabaya@yahoo.com (kirimi saja kedua-duanya).

Setelah terkirim ke redaksi, berdoa dan berharap agar dimuat. Namun, saran saya setelah naskah terkirim jangan terlalu di pikirkan, lebih baik gunakan waktu yang ada untuk menulis naskah yang lain untuk di kirim ke media lainnya. Semakin banyak naskah yang terkirim tiap minggu, tentu saja peluang dimuat semakin besar, dan honor pun juga besar tentunya.

Jika resensi sobat berhasil dimuat, ada honor Rp.100.000,- yang berhak kita terima. Tinggal kita tunggu saja bagian keuangannya mengirim ke rekening kita. Tetapi, tidak semua penulis yang kirim naskah ke Radar Surabaya honornya lancar, jika itu terjadi pada sobat juga, maka sobat tinggal tulis surat permohonan pencairan honor.  Dengan subjek: Permohonan Pencairan Honor. Saya kasih contoh di bawah ini:

Kepada:
Yth. Sekretaris Redaksi/Bagian Keuangan Radar Surabaya
di tempat.

Disertai salam dan hormat,

Pada Minggu, 18 Oktober 2015, resensi saya berjudul "MEMBENTUK KARAKTER ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN" dimuat di (HORIZON) Radar Surabaya. Namun sampai sekarang honornya belum juga di bayar.

Berikut saya kirimkan KTP dan no rekening bank sebagai permohonan pencairan honorarium atas pemuatan resensi tersebut.

No Rekening: 6200……… Bank BRI Cabang Barabai (An. Muhammad Saleh). Adapun KTP dan bukti pemuatan terlampir. Atas perhatian dan kerja samanya, saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Muhammad Saleh
No HP. 085248829626/082148820513

BIODATA PERESENSI

Nama Lengkap : Muhammad Saleh
Alamat              : DS. Bawan (Belakang Langgar Mukarramah)
                          RT: 11 RW: 04 Kelurahan Bukat,
                          Kec. Barabai,  Kab. Hulu Sungai Tengah,
                          KAL-SEL.71351
(silakan edit seperlunya).

Radar Surabaya selain menerima kiriman resensi, juga menerima kiriman cerpen, opini, esai ataupun juga puisi dari para penulis lepas. Cerpen satu halaman dengan puisi, dan resensi satu halaman dengan esai atau opini. Alamat pengiriman emailnya pun juga sama. Honor cerpen yang paling besar di antara semua naskah yang dimuat, yaitu Rp.200.000,-.

Gimana mudah bukan? Sobat tinggal pilih mau kirim naskah apa ke Radar Surabaya. Oya, Jangan terlalu berpikir apakah naskah sobat akan dimuat atau tidak, yang penting tulis dan kirim. Rezeki tidak akan tertukar, yang penting sobat sudah berusaha. Jika gagal kirim lagi naskah yang lain, karena suatu hari naskah sobat pasti akan dimuat juga.

Oke. Demikian cara kirim resensi ke Radar Surabaya. Semua informasi di atas berdasarkan pengalaman saya sendiri, jadi jika berbeda dengan para penulis lain itu wajar saja. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Selamat sore…

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara kirim resensi ke Radar Surabaya"

Dya said...

Paling lama cair brp minggu gan dr jarak pengiriman ?

Saleh Khana said...

Kalau lancar seminggu cair setelah pemuatan. kalau dalam sebulan nggak cair mesti di tagih.