Suka biji nangka? Ini sederet manfaatnya yang sudah terbukti.

Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Biji Nangka untuk Kesehatan


Manfaat biji nangka. Masih ingat dengan pepatah “cempedak berbuah nangka” atau “orang makan nangkanya, kita kena getahnya? Pada artikel kali ini kita memang membahas tentang buah nangka ini- terutama bijinya. Mengenai pepatah sebagai pembuka kalimat tadi, saya hanya bermaksud untuk mengajak Sahabat untuk mengingat-ingat kembali buah yang satu ini. Untuk arti pepatah itu, tentu Sahabat sudah tahu.
Buah yang satu ini memang mudah kita temui, terutama di pasar-pasar tradisional banyak orang yang menjualnya. Dari nangka muda sampai nangka masak (matang) ada di sana. Jadi, saat kita menginginkannya, kita tak akan kecewa karena pasti akan mendapatkannya. Yang ngidam, anaknya tentu tidak akan ileran..

Semua yang diciptakan Tuhan tidak ada yang sia-sia, begitulah juga yang ada pada buah nangka ini. Dari getah, batang, buah, biji, mandai, dan daun semua bermanfaat bagi manusia. Sekali lagi, tidak ada yang sia-sia yang ciptakan Tuhan. Hanya saja, kitanya saja yang masih belum memanfaatkannya dan belum memahami rahasia dibalik penciptaannya.

Dari beberapa manfaat yang ada pada buah nangka, pada artikel ini saya hanya fokus memberikan informasi tentang manfat biji nangka untuk kesehatan tubuh manusia. Baiklah, tanpa banyak kata lagi inilah sederet manfaat yang kita dapatkan dari biji mungil ini:

  1. Mengatasi rambut rontok. Jika kita mengalami kerontokkan pada rambut, tentu hal ini sangaat menjengkelkan dan juga mencemaskan bukan?. Kenapa? Karena bayangan kepala botak seakan-akan menari-nari di depan mata kita. Jika hal itu tak ingin terjadi, maka gunakanlah biji nangka sebagai penawarnya. Vitamin A dalam biji nangka mampu membuat rambut kita agar sehat kembali. Jika ingin sirkulasi darah di kepala lancar tak ada salahnya mencoba. Dari pada botak. Hehe…
  2. Obat Anemia. Sering lesu dan badan terasa malas, maka itu sudah pasti tanda kita kekurangan darah. Jika tak ingin mengonsumsi obat-obat kimia, maka pilihan terbaik adalah menyantap biji nangka ini sebagai makanan tambahan. Bisa di rebus atau di goreng, semua terserah kita.
  3. Gairah sek bertambah. Bagi yang belum mempunyai pasangan resmi dan halal, jangan sekali-kali mencoba memakan biji nangka demi mendapatkan manfaat yang satu ini, karena berbahaya dan godaan setan ada dimana-mana. Ini karena kandungan proteinnya yang memicu gairah seks meningkat.
  4. Obat kriput. Jika sudah berusia lanjut, kulit kriput tentu saja merupakan hal yang wajar dan normal. Yang tidak wajar umur belia wajah nenek-nenek. Hehe.  Nah..bagi yang takut terkena kriput karena masih muda, maka buatlah biji nangka sebagai masker, haluskan dan campur dengan susu. Lalu oleskan. Beres.
  5. Mengurangi stress. Stress sudah tentu menjadi tamu wajib bagi kita yang terlalu banyak pekerjaan, apalagi kerjaan belum selesai tekanan datang bertubi-tubi. Aduh…kepala terasa mau pecah. Kalau keseringan stress dan tak diatasi, bisa-bisa tak lama lagi kita akan terkena stroke. Dari itu, biji nangka bisa menjadi cemilan yang enak pengusir stress. Kenapa bisa? Kandungan protein dan mikronutirisinya yang bekerja melawan stress. Selain itu. Iman dan taqwa juga obatnya.
  6. Mengatasi Mules dan sembilit. Sering susah BAB? Kalau iya, silakan ambil daun jambu biji atau biji nangka untuk mengobatinya. Perut mules dan susah BAB jangan dibiarkan berlarut-larut walau akan reda dengan sendirinya, tetapi apa kita akan tahan menahan sakit perutnya? Bisa-bisa celana kita  basah.
  7. Menghilangkan flek hitam. Nah…ini bermanfaat sekali bagi kaum hawa, terutama yang masih remaja. Jika ada flek hitam di wajah rasanya gimana gitu. Jadi kehilangan rasa percaya diri, apalagi kalau ketemu cowok cakep. Flek hitam sebenarnya timbul akibat cara instan menghilangkan jerawat, yaitu Pencet Jari. Jika tak ingin banyak flek hitam kurangi kebiasaan ini walaupun terasa asik. Caranya, cukup jadikan biji nangka yang sudah di haluskan dan dicampur madu susu menjadi semacam pasta. Olehkan pada bagian flek-flek hitamnya saja.
  8. Menebalkan rambut. Kurang gaya karena rambut tipis? Sekarang itu bukan masalah lagi. Ambil saja biji nangka, tumbuk halus, campur susu, lalu jadikan pasta.  Lalu oleskan pada kepala dan pijat pelan-pelan biar enak. Setelah itu jangan lupa cuci rambutnya ya…


Nah itu sederet manfaat dari biji nangka untuk kesehatan tubuh, walaupun masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Jika ingin membuktikannya, silakan mencobanya. Semoga bermanfaat ya Sahabat semua. Amin.

#Jika artikel ini bermanfaat untuk orang lain, silakan di bagikan…saya ikhlas kok…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suka biji nangka? Ini sederet manfaatnya yang sudah terbukti."