Cara Kirim Resensi Ke Analisa Medan

Cara Kirim Resensi Ke Analisa Medan
Cara Kirim Resensi Ke Analisa Medan

Selamat malam sobat! Setelah beberapa hari nggak update artikel di blog ini karena kesibukan nulis resensi untuk di kirim ke media cetak, akhirnya malam ini saya kembali bisa menulis artikel lagi. Harus pandai-pandai membagi waktu antara ngeblog dan nulis di media. Agar keduanya bisa berjalan beriringan. 

Pada malam yang lumayan cerah ini, saya akan berbagi informasi tentang cara kirim resensi ke Harian Analisa  Medan. Sobat pasti juga udah pernah dengar tentang media ini bukan? Media kebanggaan orang Medan ini membuka kesempatan untuk para penulis-penulis lepas (Freelance Writer) untuk berpartisipasi mengirimkan karyanya, baik berupa cerpen, puisi, resensi, esai ataupun opini.

Namun, khusus malam ini saya hanya fokus membahas cara mengirim resensi saja. Kenapa hanya resensi? Karena saya hanya pernah kirim resensi ke media ini, untuk naskah lainnya saya belum pernah mencobanya. Sobat bisa browsing untuk mencari tahu cara mengirim naskah lainnya. 

Harian analisa akan memuat resensi kiriman pembaca pada hari rabu dan jum’at. Hari rabu memuat resensi buku-buku umum, sedangkan hari jum’at akan memuat buku-buku ke Islaman saja.  Jadi silakan pilih mana resensi buku yang ingin di kirimkan. Katanya untuk setiap naskah yang dimuat, ada honor Rp. 50.000,-. Kenapa katanya? Saya belum pernah membuktikannya karena naskah yang pernah dimuat di Analisa tak ada kiriman honor masuk ke rekening saya.

Oke tanpa berpanjang lebar kali tinggi, lebih baik sobat simak saja cara kirim resensi ke Analisa Medan ini. 

Sama seperti artikel-artikel lainnya, saya selalu mengingatkan agar sebelum mengirim naskah lebih baik pelajari dulu karakter media, hal ini merupakan poin penting agar bisa tembus dan naskah kita bisa dimuat. Sama seperti kita mau nembak seseorang, pastinya kita cari tahu dulu hal-hal yang disukainya dan tidak disukainya. Sobat pasti pahamkan apa maksudnya?

Langkah selanjutnya, pilih buku terbaru yang ingin di resensi, pastikan resensi buku tersebut belum pernah ada yang meresensi di media tersebut. Caranya tentu saja dengan membuka website resminya dan cari tab resensi, lihat buku-buku apa saja yang sudah dimuat. Jika buku yang kita ingin resensi tadi tidak ada, berarti itu kabar bagus buat sobat. Sobat tinggal action saja.

Selanjutnya tulis naskah sekitar 4000-4500 karakter dengan spasi. Tulislah resensi dengan pembuka kalimat yang menarik agar redaktur mau membacanya hingga tuntas. Setelah selesai pastikan juga tak ada kesalahan ketik atau typo. Ini untuk membuktikan kalau sobat ngerti dengan EYD, karena EYD adalah modal dasar seorang penulis.

Setelah naskah siap, scan cover, ktp, identitas diri, maka saatnya sobat membuka email sobat. (nggak lupakan sama passwordnya kan?). tulis kata pengantar naskah, nggak perlu panjang-panjang yang penting bahasanya sopan. Pada subjek isi dengan: Resensi-Judul Naskah Resensi. Setelah itu tinggal copy paste email ini di bagian alamat pengiriman online@analisadaily.com. Selanjutnya klik Send. Beres…dah…

Jika sudah terkirim dengan selamat, sobat tinggal tunggu saja selama 1-2 pekan apakah resensinya dimuat atau tidak. Jika tak dimuat, sobat bisa kirimkan ke media lainnya yang ingin sobat tembus. Karena kata kebanyakkan penulis, setiap naskah pasti akan menemukan jodohnya. Cepat atau lambat pasti akan dimuat. Saya pun juga sering mengalaminya, saya tuker-tuker kirim naskahnya, dan akhirnya banyak yang berhasil dimuat. 

Itulah cara kirim resensi ke Analisa Medan. Semoga sobat tertarik untuk mengirimkan naskahnya setelah membaca artikel ini. Oke..sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Selamat berjuang dan selamat malam……..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kirim Resensi Ke Analisa Medan"