12 Jenis- Tanaman Herbal Untuk Diabetes

Jenis Tanaman Herbal Obat Diabetes
Tanaman Herbal Obat Diabetes

Jenis-jenis Tanaman Herbal Untuk Diabetes . Penyakit diabetes  membuat orang yang mengidapnya mesti berhati-hati pada setiap makanan yang akan di santapnya. Hal ini dikarenakan orang yang mengidapnya tidak bisa memakan makanan yang terlalu banyak mengandung glukosa. Kandungan gula yang tinggi bisa menyumbat  dan menghambat pebentukan insulin dalam tubuh.

Semakin banyaknya orang yang terkena penyakit diabetes, maka semakin banyak pula orang yang mencari informasi tentang penyakit ini dan cara mengatasinya.  Ada yang mengatasinya dengan berkonsultasi dengan dokter dan rajin mengonsumsi obat-obat kimia. Tak sedikit pula yang mencari cara alternative, yaitu mengonsumsi obat-obat herbal yang terbuat dari macam-macam tumbuhan yang berkhasiat untuk melawan penyakit ini. Alasannya, karena obat herbal tidak mengandung efek samping yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terus menerus.

Nah, berikut beberapa nama-nama tanaman yang bisa dijadikan obat herbal melawan diabetes:


  1. Cengkeh. Salah satu bahan bumbu makanan ini ternyata mempunyai manfaat untuk melawan diabetes. Tumbuk hingga halus dan kita cukup mengoleskannya pada bagian yang terasa sakit.
  2. Kulit manggis. Selain bisa melawan kanker, buah yang satu ini juga bisa mengobati diabetes. Kulit manggis mempunyai kandungan zat-zat yang bisa meredam dan menetralisir glukosa dalam tubuh.
  3. Daun salam. Manfaat daun salam tak hanya sebagai penyedap masakan. Daun ini mengandung zat-zat yang mampu mengobati luka di area yang terasa sakit.
  4. Kayu manis. Satu lagi bahan penyedap makanan yang bisa melawan diabetes. Zat-zat yang ada di dalam kayu manis mampu menjadikan glukosa sebagai sumber energy. Sehingga kadar gula dalam tubuh tidak berlebihan.
  5. Ginseng. Tak hanya membuat stamina tubuh kembali, mengonsumsi ginseng biasa melawan penyakit gula darah ini. Kita cukup meminum air rebusan ginsing secara teratur.
  6. Pare. Buah ini terkenal dengan rasa pahitnya. Namun ternyata buah ini bisa menjadi herbal mengatasi diabetes. Buatlah jus dari pare, tetapi jangan meminumnya terlalu banyak karena bisa menyebabkan perut terasa keram dan diare.
  7. Sambiloto. Flavanoid adalah kandungan zat yang terkandung di dalamnya. Zat inilah yang berfungsi menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
  8. Bawang. Zat dalam bawang sangat berpengaruh pada kadar gula dalam tubuh. Tumbuhan ini mampu melepaskan insulin dalam tubuh.
  9. Kumis kucing. Kandungan zat saponin dipercaya bisa merangsang sel beta pangkreas.
  10. Brotowali. Tanaman ini mungkin sulit di temukan di Indonesia, tetapi zat yang dikandungnya mampu menurunkan kadar glukosa secara signifikan.
  11. Tapak dara. Alkaloid yang ada dalam tapak dara dipercaya dapat melawan penyakit diabetes.
  12. Daun pegangan. Daun ini cukup mudah ditemukan. Kandungan zat anti racun dan anti infeksi  mampu menitralisir gulu darah.

Fakta unik tanaman herbal.
-    Cina merupakan Negara yang paling banyak mempunyai tanaman herbal.
-    Indonesia masuk Negara ke empat penghasil obat herbal setelah India dan Korea.
-    Sejak zaman dahulu penduduk Indonesia sudah menggunakan obat herbal (jamu) untuk kesehatan.
-    Obat herbal untuk diabetes dan kanker yang paling banyak di cari.

Demikian beberapa Jenis-jenis Tanaman Herbal Untuk Diabetes. Semoga bisa memberikan manfaat dan kesembuhan untuk yang memerlukannya.

#Jika bermanfaat untuk orang lain, mohon bagikan…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Jenis- Tanaman Herbal Untuk Diabetes "