Cara kirim resensi ke Harian Kedaulatan Rakyat

Cara kirim resensi ke kedaulatan rakyat
Cara kirim resensi ke kedaulatan rakyat

Hai sobat, jumpa lagi dengan artikel kesekian kalinya di blog saya yang sederhana ini. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi informasi seputar pengiriman naskah ke kedaulatan rakyat, khususnya naskah resensi.

Seperti yang kita ketahui, Koran yang berada di Yogyakarta ini sangat konsisten menayangkan resensi-resensi buku setiap hari minggu. Rubrik resensi di harian Kedaulatan Rakyat ini ada di halaman 23 jika Sobat berminat mendownload Koran ini versi epapernya. Sobat bisa dengan  mudah mendownloadnya jika ingin mempelajari resensi seperti apa yang biasanya dimuat di Koran ini. 

Koran ini pun juga memberikan apresiasi alias honor bagi karya yang dimuat. Sekitar 70-80 ribu rupiah untuk setiap naskah yang dimuat. Pengiriman honornya pun bisa lewat bank(transfer ke rekening penulis) atau pun lewat wesel pos. Nah..jadi bila honor tak kunjung tiba, sobat bisa menagihnya melalui email redaksi. Nanti redaksi akan menyampaikannya pada bagian keuangan.

Sebelum mengirim resensi ke Kedaulatan Rakyat, sebaiknya sobat simak persyaratan berikut, yang biasanya tertera juga di halaman korannya pada bagian bawah.  Pastikan buku yang akan di resensi adalah buku-buku terbaru, biasanya enam bulan setelah terbit adalah batas maksimalnya, siapkan juga scan halaman sejarah buku, scan cover buku, dan scan ktp.

Agar resensi sobat bisa dimuat di media ini, ada sedikit tips dari saya sebelum mengirimkan naskahnya:.
Pelajari dulu karakter media dan resensinya. Sebab, setiap Koran beda karakter dan kriteria pemuatannya. Sobat bisa mempelajarinya lewat resensi-resensi yang sudah dimuat. Untuk contohnya, silakan di lihat di korannya atau versi epapernya. Bisa juga sobat browsing sama si mbah, dengan kata kunci “contoh resensi di kedaulatan rakyat”. Banyak sekali penulis-penulis resensi yang sudah mempublish karya-karya mereka di blog. 

Perhatikan panjang karakter naskahnya. Setiap media juga berbeda menentukan minimal dam maksimal jumlah naskah yang dimuat. Ini untuk menyesuaikan space yang tersedia pada lembaran korannya. Untuk resensi di kedaulatan rakyat ini sekitar 2000-3000 karakter dengan spasi. Cara menghitung jumlah karakter pada  Microsoft office sobat tinggal memblok semua tulisan naskah dan klik review-word count( atau klik icon ABC 123).

Setelah semua persyaratan dan naskah sudah di tulis, pastikan semua kata dan kalimat tidak ada kesalahan ketik, ini untuk menunjukkan bahwa sobat bukan penulis asal-asalan dalam kirim naskah. Lalu kemana kirim naskah resensinya?

Kirimkan naskah sobat ke email ini resensikrm@yahoo.com . untuk subjek sobat bisa menuliskan ini “Resensi-Judul naskah” contoh: Resensi-Kiat-kiat Hidup sehat. Seperti yang sudah di jelaskan bagian atas selain naskah resensinya, jangan lupa melampirkan scan halaman sejarah buku, cover buku, dan ktp. Sebab, bila kurang dari salah satu persyaratan tersebut, jika naskah sobat memang di sukai redaksi, maka akan diminta lagi untuk melengkapi persyaratannya sebelum dimuat.

Jika sudah terkirim dengan selamat, sobat tinggal berdoa saja agar naskahnya disukai redaksi dan dimuat. Masa tunggu pemuatan naskahnya sekitar 2 mingguan, itu lazim diberlakukan pada setiap Koran. Bagaimana? Mudah dimengertikan isi artikel ini.

Nah itu lah bagaimana cara kirim resensi ke kedaulatan rakyat.  Sobat bisa langsung action, kalau di muat jangan lupa kasih kabar ya. Sobat juga bisa menyebarkan informasi ini di blog sobat dengan mencantumkan link ke halaman blog ini. Oya, jangan di copy paste ya dan di akui sebagai tulisan sendiri. Oke, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Cara kirim resensi ke Harian Kedaulatan Rakyat"

Unknown said...

Informatif sekali, kakak....

Saleh Khana said...

Semoga bermanfaat...

Unknown said...

Mau tanya nih, klo blm punya ktp bagaimana? Apa bs melampirkan identitas lain. Mohon jwbannya ya

Saleh Khana said...

pakai kartu pelajar atau mahasiswa juga boleh.

Ratnani Latifah said...

Untuk scan halaman sejarah buku maksudnya bagaimana, Mas. Beda dengan coverkah?

Saleh Khana said...

halaman sejarah buku itu halaman setelah cover. halaman tentang data buku.

Ratnani Latifah said...

Oh iya, Mas terima kasih