Gmail, Satu Akun untuk Semua

Gmail, Satu Akun untuk Semua
Gmail, Satu Akun untuk Semua


Media komunikasi lewat surat masih diterapkan hingga sekarang. Namun, kerena perkembangan zaman yang semakin maju, maka surat tersebut bisa dikirimkan melalui Internet, tanpa kertas dan tinta, atau sering disebut dengan e-mail atau electronic mail.

E-mail merupakan cara yang praktis untuk mengirimkan dokumen atau sarana komunikasi elektrik yang sangat cepat. Beberapa aplikasi Internet menyediakan layanan email yang bisa Anda gunakan dengan berbagai kelebihan masing-masing.

Nah, pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah mengenai layanan email yang dikeluarkan oleh Google. Berikut akan kami jelaskan secara menyeluruh.

Apa itu Email dari Google?

Pertama kami akan menjelaskan salah satu layanan email yang bisa Anda gunakan di Google, yaitu disebut dengan Google Mail atau sering disingkat menjadi Gmail. Layanan ini merupakan email yang berbasis web yang bisa digunakan secara gratis.

Layanan ini diluncurkan sejak awal tahun 2004. Dan Anda isa dengan mudah menggunakannya dengan cara mendaftar secara gratis melalui website Google Mail.

Pada awalnya Gmail tidak bisa diakses secara mudah seperti saat ini. Pada awal peluncurannya, Gmail hanya bisa digunakan oleh orang-orang yang telah diundang pengguna yang sudah memiliki acoount Gmail atau oleh mereka yang sudah mendaftar.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, maka saat ini Anda bisa dengan mudah membuat akun email di Google Mail secara gratis dan mudah.

Cara Menggunakan Gmail

Bagi Anda yang baru pertama kali atau ingin menggunakan email melalui Gmail, maka Anda haus masuk pada website Gmail terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa klik tombol daftar atau sign up.

Setelah itu akan muncul tampilan semacam biodata diri, dan silahkan Anda mengisikannya sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan. Setelah semua kolom terisi dan Anda menyetujui berbagai kebijakan yang dikeluarkan Google, maka akun email Anda sudah dapat Anda gunakan.

Jangan lupa untuk menyimpan dan mengingat nama akun dan password Anda. Karena jika Anda lupa, maka akun Anda tidak dapat dibuka dan digunakan. Untuk langkah selanjutnya, Ada bisa klik “masuk” atau “sign in” untuk mulai berkmunikasi lewat Gmail.

Apa saja sih Manfaat dari Gmail?

Menggunakam email melalui Google Mail memiliki beberapa manfaat bagi Anda. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut :
  1. Melalui Gmail, Anda bisa mengirim dokumen berupa tulisan maupun gambar dalam jumah yang besar kepada sesama pengguna akun Gmail.
  2. Untuk mengunggah video di Youtube, Anda diwajibkan menggunakan akun Gmail.
  3. Dengan akun Gmail, Anda bisa mendaftar di berbagai akun sosial media, seperti Instagram, Twitter, Facebook, Google+, dan sebagainya.
  4. Syarat utama membuat blog di website blogger adalah dengan menggunakan akun Gmail Anda.
  5. Jika Anda menginginkan untuk memasang iklan di Google Adword, maka Anda bisa menggunakan akun Gmail.
  6. Jika Anda membutuhkan aplikasi di Playstore, maka Anda bisa mendaftar dengan menggunakan akun Gmail.
  7. Akun Gmail bisa digunakan untuk mendaftar rekening bank online seperti paypal dan lain-lain.
  8. Selain itu, dengan menggunakan Gmail Anda bisa menggunakan fitur Google Drive yang berguna sebagai ruang penyimpanan suatu file.

Mengapa Harus Menggunakan Gmail?

Gmail memiliki beberapa keunggulan yang menjadi alasan Anda untuk menggunakannya selain manfaat-manfaat di atas. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah :

1.    Tidak dipungut biaya
2.    Bisa diakses melalui ponsel
3.    Terlindung dari spam
4.    Kapasitas yang besar
5.    Mudah melakukan pencarian email Anda

Jadi, sekarang Anda sudah tahu ka bahwa Gmail merupakan fitur yang serba bisa dengan beberapa keunggulannya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gmail, Satu Akun untuk Semua"