Cara Kirim Resensi Ke Harian Bhirawa

Cara Kirim Resensi Ke Harian Bhirawa
Cara Kirim Resensi Ke Harian Bhirawa

Hai sobat! Jumpa lagi dengan blog sederhana ini, walaupun artikelnya belum banyak semoga saja sobat tetap setia mengunjungi blog ini kembali ya, agar tulisan-tulisan dalam blog ini bisa memberikan manfaat pada semua.

Malam hari ini saya akan memberikan informasi cara kirim resensi ke Harian Bhirawa, salah satu harian yang terbit di Surabaya. Harian Bhirawa sebenarnya beredar secara terbatas, namun media ini tetap membuka diri menerima kiriman tulisan dari semua kalangan. Jadi ini merupakan kesempatan untuk para freelance menambah jam terbangnya dalam dunia menulis.

Saya pertama kali mengenal media ini kalau tidak salah awal-awal tahun 2013 lalu, waktu  itu saya coba kirim naskah resensi. Seminggu kemudian, ada teman sesama penulis kasih kabar kalau resensi saya dimuat. Tentu saja itu merupakan kabar yang membahagiakan, karena bakal dapat honor (fee dari penerbit) dan juga buku baru gratis. Asyik bukan?

Lalu bagaimana cara mengirim resensi ke Harian Bhirawa?

Setelah hampir tiga tahun berlalu, cara pengirimannya pun tetap sama dan dengan alamat email yang sama pula. Jadi informasi ini semuanya berdasarkan pengalaman saya selama ini. Jika sobat juga tertarik ingin kirim ke media ini, silakan baca artikel ini hingga tuntas.

Harian Bhirawa menerima kiriman semua jenis buku, baik buku-buku umum maupun keislaman, dan akan dimuat pada hari jum’at. Ada dua naskah dalam satu kali pemuatan, sehingga kesempatan naskah sobat dimuat cukup besar.

Untuk naskah resensi yang dimuat, media ini juga tak memberikan apresiasi apapun dan juga tidak ada pemberitahuan akan dimuat atau ditolak naskah punya sobat. Saran saya, pilihlah buku-buku dari penerbit yang memberikan reward dan fee, sehingga kita jadi lebih semangat kirim naskahnya.

Tulislah naskah resensi sepanjang 4000-4500 karakter dengan spasi, buatlah resensi yang menarik agar kesempatan dimuat lebih besar. Setelah selesai persiapkan juga scan cover bukunya, scan ktp, dan identitas diri lengkap.

Selanjutnya kirimkan naskah ke email ini: harian_bhirawa@yahoo.com dengan subjek: Resensi-Judul naskah. Contoh: Resensi- Kumpas Tuntas Manfaat Buah Sirsak. Dengan mengucap bismillah klik kirim. Dan berdoa agar naskahnya dimuat.

Seleksi naskah di media ini mingguan, sebaiknya kirim pada hari senin atau selasa agar redaksi dapat menyeleksi naskah yang kita kirimkan. Untuk pemuatan naskahnya, sobat bisa cek lewat website resminya, biasanya resensi terbaru akan di update pada malam jum’at sekitar jam sembilan malaman. Untuk epapernya akan update ke esokkan harinya. Oya, kadang-kadang ada ketidak sesuaian antara versi web dengan epapernya. Misal, di webnya ada resensi sobat yang dimuat, tetapi di epaper tidak ada. Kalau di epapernya tidak ada resensi sobat, itu sama saja dengan tidak dimuat. Karena penerbit memerlukan bukti terbit versi cetak bukan website, kecuali media online. 

Itulah sedikit informasi cara kirim resensi ke Harian Bhirawa. Menembus media ini tidaklah sulit asal kita tahu selera redaksi seperti apa. Pelajarilah resensi-resensi yang sudah dimuat agar sobat tahu seperti apa kesukaan redaksi media ini. Terus belajar dab belajar agar kemampuan sobat dalam menulis resensi buku semakin oke. 

Tak ada kesuksesan tanpa usaha dan kerja keras, sebab itulah modal awalnya. Jika sobat gagal minggu ini dimuat, kirimkanlah naskah yang lain untuk dimuat jum’at depannya, lama-lama pasti akan dimuat juga, saya sudah membuktikknya. Semoga bermanfaat dan selamat malam…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kirim Resensi Ke Harian Bhirawa"