Cara Kirim Resensi Ke Tribun Jogja

Cara Kirim Resensi Ke Tribun Jogja
Cara Kirim Resensi Ke Tribun Jogja
Siang Sobat! Hari ini lumayan panas ya walaupun musim hujan telah tiba, mumpung lagi istirahat, jadi saya sempatkan untuk nulis artikel di blog ini lagi. Topik untuk artikel kali ini masih membahas tata cara kirim naskah ke media cetak. Cara jitu menjadi seorang penulis lepas.

Sesuai judul artikel ini, saya akan memberikan tips cara kirim resensi ke Tribun Jogja. Jika sobat tertarik ingin mengirim naskah ke media ini, ini dia hal-hal yang harus sobat perhatikan, agar sobat tidak asal kirim saja. Oke…simak hingga tuntas. Baca dengan santai sambil di temani teh es manis. Sedaaaapnya….hehe…

Untuk kolom resensi di Tribun Jogja ada di hari minggu, ada sekitar 2-3 resensi yang dimuat tiap pekannya. Perlu diketahui untuk naskah yang dimuat, redaksi tidak memberikan apapun. Jadi nulis di sini juga gratisan. Jika sobat menginginkan honor dari pemuatan naskah, maka media ini bukanlah tujuan yang tepat.

Sama seperti media lain, silakan juga tulis resensi sepanjang 4000-4500 karakter dengan spasi.lengkapi juga naskahnya dengan scan cover, scan ktp, dan identitas lengkap. Setelah semua lengkap, silakan kirim resensinya ke emai ini: redaksi@tribunjogja.com. Dengan subjek seperti biasa: Resensi- Judul Naskah.

Jika sudah terkirim berdoalah agar dimuat, supaya hati redaksi ringan hati memilih karya kita. Biasanya ada email balasan ucapan terima kasih atas kiriman naskahnya, kadang-kadang juga tak ada tanggapan sama sekali. Jika sudah begitu kita hanya bisa menunggu saja sambil menulis naskah-naskah yang lain. Jangan biarkan waktu terbuang percuma ya sobat.

Oya...mengirim ke media ini harus SANGAT SABAR. Kenapa? Karena masa tunggu pemuatannya cukup lama sekitar 3-4 bulan baru dimuat ini karena banyaknya para penulis mengirim naskah ke media ini. Walaupun gratisan  tetap saja di serbu penulis. Hehe...ini karena mereka sudah tahu trik mendapatkan uang dari media gratisan melalui resensi ini. 

Kalau sobat tak sempat cek tiap minggu, sebaiknya sobat perbanyak teman para penulis agar bisa saling berbagi info pemuatan, itu sangat membantu bagi yang tak bisa rutin mencek epaper-epaper tiap media cetak. Atau sobat bisa juga gabung dengan group Sastra Minggu di facebook, di group ini tiap hari minggu selalu ramai dengan info-info pemuatan diberbagai media di seluruh nusantara. Namun, info pemuatannya lebih banyak tentang cerpen dari pada resensi. 

Saran saya untuk resensi yang di kirim ke Tribun Jogja, tulislah resensi dua versi pada satu buku. 1 resensi kirim ke Tribun Jogja, 1 resensi lagi silakan kirim ke media lain. Agar masa tunggu tidak terasa dan di pikirkan terus dimuat atau tidak. Dan juga, kalau naskah kedua versi tersebut dimuat keduanya, maka sobat juga akan dapat reward dobel dari penerbit. Asyik kan? Oya  jangan sampai lupa, Jangan pernah kirim satu resensi yang sama ke banyak media ya. Itu etik seorang penulis. 

Bagaimana apa sobat tertarik kirim resensi Ke Tribun Jogja? Walaupun gratisan tak ada salahnya mencoba. Sobat masih bisa mendapatkan honor dari penerbit yang bukunya kita resensi tersebut. Silakan cari artikel lain di blog ini penerbit mana saja yang kasih reward.

Demikian cara kirim resensi ke Tribun Jojga. Jika ada yang ingin di tanyakan silakan tulis di kolom komentar di blog ini, Insya Allah akan dibalas setiap pertanyaannya. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk saya dan sobat semuanya. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi. Selamat siang…

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Kirim Resensi Ke Tribun Jogja"