Cara Mudah Kirim Resensi Ke Jateng Pos

Jateng Pos menyediakan halaman khusus untuk para peresensi memamerkan karyanya. Rubrik ini hadir setiap hari minggu. Setiap minggunya ada 2-3 naskah yang dimuat, sehingga peluang naskah untuk di pilih redaksi juga semakin besar.
Penjaga gawang rubrik ini pun sangat baik, karena hampir semua jenis buku berkesempatan dimuat, baik buku umum, keislaman, dan tema lainnya. Sehingga sobat tak perlu pusing memilih-milih buku yang cocok di resensi di media ini.
Namun perlu diketahui, bagi peresensi yang naskahnya dimuat di media ini, redaksi tidak memberikan honor ataupun hadiah lainnya. Jadi ketika naskah dimuat jangan sekali-kali menagih honor ke redaksinya.
Walaupun redaksi tidak memberikan honor, lalu kenapa masih banyak penulis yang mengirimkan naskahnya ke media ini? Jawabannya adalah karena para peresensi itu masih mendapatkan fee dan reward dari penerbit. Jadi penting bagi untuk mengetahui penerbit mana saja yang memberikan fee (honor) untuk setiap resensi yang dimuat media cetak. Mungkin pada artikel selanjutnya, akan saya beberkan penerbit mana saja yang memberikan fee.
Mengenai isi resensi pun sobat tak perlu sampai mengerutkan kening dengan analisa yang tajam atau kalimat yang sulit di mengerti, sobat cukup menulis resensi dengan kalimat-kalimat yang mudah di pahami, tidak perlu analisa yang mendalam atau pun membongkar seluruh ke kurangan buku. Yang penting isi resensinya menyampaikan informasi-informasi utama yang ada dalam buku tersebut. 
Nah..jika sudah selesai menulis resensinya, maka setelah di pastikan tidak ada kesalahan ketik atau pun kesalahan lainnya, saatnya megirim resensi tersebut ke redaksi Jateng Pos. silakan kirimkan resensi sobat ke email berikut ini;
jatengpos@gmail.com, jatengpos@yahoo.co.id, dan jangan lupa Cc ke meteorsemarang@gmail.com .
Juga jangan lupa, sebelum mengirimkan naskahnya harus menyertakan dalam lampiran (bukan badan email): naskah resensi (udah pasti), cover buku (bisa di foto sendiri atau cari di internet), scan KTP ( juga harus). Setelah semua siap tinggal kirim dan menunggu kabar baiknya.
Bagi yang berada di luar Jateng jangan kuatir, karena beberapa minggu terakhir ini redaksi begitu berbaik hati mengirimkan bukti pemuatan dalam bentuk file pdf kepada para peresensi yang dimuat naskahnya. Biasanya kita akan mendapat email dari meteorsemarang sekitar pukul sebelas malam (pengalaman saya). Semoga saja pengiriman naskah pdf ini akan berlangsung lama dan konsisten oleh redaksi.
Oya, seleksi di Koran ini mingguan, jadi kalau tidak dimuat berarti tidak terpilih. Saran saya, kalau belum dimuat-muat juga tetaplah kirim setiap minggunya ke media ini, 1-3 naskah lebih baik dan itu bisa membuat hati redaksi luluh karena kesungguhan kita untuk menembusnya. 
Oke, begitulah cara mengirim resensi ke Jateng Pos, semoga paham dan mengerti dengan artikel saya ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Kirim Resensi Ke Jateng Pos"