Cara Mengetahui Kecepatan Blog Dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengetahui Kecepatan Blog
Cara Mengetahui Kecepatan Blog

Cara Mudah Mengetahui Kecepatan Blog. Halo…Sobat, seperti pada artikel sebelumnya saya pernah menulis alasan-alasan mengapa blog tidak disukai pengunjung, salah satunya di sebabkan oleh loading yang lambat ketika membuka halaman blog.

Walaupun sekarang sudah memasuki eranya jaringan 4G, yang kecepatan aksesnya konon sangat cepat, akan tetapi jaringan ini tentu belum merata pada seluruh wilayah Indonesia. Bahkan, dibeberapa daerah jaringannya masih 2G saja yang kecepatan internetnya bikin pusing kepala karena kelamaan nunggu.

Nah..dari itulah diperlukannya loading yang cepat pada halaman blog agar semua orang dapat mengakses blog kita dengan nyaman walaupun berada di jaringan yang lola sekalipun. Lalu bagaimana cara mengetahui blog Sobat sudah loadingnya cepat atau lambat?

Cara mengetahui kecepatan blog sebenarnya sangat mudah dan gampang. Sobat hanya perlu mengakses tool yang sudah di sediakan Google di link ini: https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ 

Setelah link terbuka, silakan masukkan alamat blog sobat yang ingin di cek kecepatan loadingnya. Lalu klik analisis dan tunggu beberapa detik maka hasilnya akan keluar. Ada dua kategori nilai kecepatan blog yang ditampilkan, Seluler dan Dekstop.

Jika Blog sobat mempunyai nilai di bawah 75/100 maka blog sobat masuk dalam kategori lambat, nilai 75/100 blog sobat berarti normal, dan nilai di atas 75/100 berarti blog sobat sudah masuk dalam kategori cepat. 

Jika blog sobat masuk dalam kategori lambat, maka mesti diadakan perbaikan agar nilai kecepatannya semakin tinggi agar lebih ringan. Untuk mempercepat loading halaman blog ada beberapa tips yang harus dilakukan:

-    Buang gadget yang tidak begitu penting.
-    Jangan terlalu banyak memasang iklan banner.
-    Jangan menggunakan gambar yang filenya besar pada postingan
-    Ganti template yang lebih ringan.

Jika sobat sudah melakukan perbaikan pada blog, silakan cek lagi kecepatan loadingnya. Jika masih lambat perlu perbaikan lagi. Jika sudah normal atapun cepat, maka saya ucapkan selamat. Dengan memiliki blog yang loadingnya cepat akan membuat betah pengunjung untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya, dan jumlah pageview tentu saja akan meningkat.

Demikian bagaimana cara mengetahui kecepatan blog dengan mudah dan cepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam Inspirasi….


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengetahui Kecepatan Blog Dengan Mudah dan Cepat"